ANALISA PEGAS TEKAN PADA SISTEM SUSPENSI MOBIL AIR ENGINE

Authors

  • Alan Budi Wijaya Uika universitas ibn khaldun

DOI:

https://doi.org/10.32832/almikanika.v2i2.5196

Abstract

ABSTRAK

Pegas tekan adalah peralatan / komponen mesin yang sangat penting dalam kendaraan roda empat, kegagalan dalam perancangan  system suspensi mobil akan sangat merugikan terutama dalam hal kenyamanan penumpang, artikel ini membahas kinerja suspensi mobil yang menggunakan pegas tekan, untuk mendapat hasil kinerja pegas tekan maka dilakukan beberapa hal berikut, perhitungan beban kendaraan, pengukuran dimensi pegas, perhitungan depleksi real pegas dan perhitungan depleksi pegas maksimum. Dari hasil penelitian maka dapat disimpulakn bahwa kinerja system suspensi mobil menggunakan pegas tekan adalah cukup baik, hal ini terlihat bahawa hasil depleksi real yang terjadi didapat 0,00154.mm sedang dipleksi pegas maximum adalah 39,5mm

Kata kunci :  Depleksi, pegas tekan , suspense mobil, mobil air engine, depleksi maximum pegas, depleksi real pegas

 

ABSTRACT

            Compressed springs are equipment / machine components that are very important in four-wheeled vehicles, failure in the design of the car suspension system will be very detrimental, especially in terms of passenger comfort, this article discusses the performance of car suspensions that use compressed springs, to get the results of the performance of the compressed springs, several steps are taken. the following, calculation of vehicle load, measurement of spring dimensions, calculation of real spring deflexion and calculation of maximum spring deflexion From the results of the study, it can be concluded that the performance of the car's suspension system using compressed springs is quite good, it can be seen that the real depletion that occurs is 0.00154.mm while the maximum spring diflexion is 39.5mm

Keywords: Deflexion, compressed spring, car suspension, air engine car, maximum spring deflexion, real spring deflexion

 

References

DAFTAR PUSTAKA

JOSEPH E., SIGHLEY, LARRY D. MITCHELL (1983) ‘PERANCANGAN TEKNIK MESIN: Book Program Studi Teknik Mesin.

Lukman, L., Anggono, A. D. and Sarjito, S. (2018) ‘Desain Dan Optimisasi Sistem Suspensi Pegas Daun Pada Kendaraan Roda 3 Dengan Menggunakan Catia V5', Turbo : Jurnal Program Studi Teknik Mesin, 7(1). doi: 10.24127/trb.v7i1.665.

Majanasastra, R. B. S. (2014) ‘Analisis Shock Absorber Roda Depan Kendaraan Roda Empat Jenis Suzuki Carry 1000', Jurnal Ilmiah Teknik Mesin Unisma ‘45' Bekasi, 2(1), pp. 1–16.

Malang, U. M. (2015) ‘Bidang Kontruksi DESAIN SUSPENSI INDEPENDENT TYPE WISBHONE'.

Magee, R. V. et al. (2017) ‘No Titleالاجراءات الجنائية', ABA Journal, 102(4), pp. 24–25. doi: 10.1002/ejsp.2570.

Car, S. M. (2007) Uji Kinerja Dinamis Sistem Suspensi Dan Analisis.

Sutantra, P. P. dan I. N. (2016) ‘Analisis Kenyamanan serta Redesain Pegas', 5(2), pp. 2–7.

Ii, B. a B. and Sistem, a P. (2001) ‘Universitas Sumatera Utara 7', pp. 7–37.

Majanasastra, R. B. S. (2013) ‘Analisis defleksi dan tegangan shock absorber roda belakang sepeda motor yamaha jupiter 1)', 1(1), pp. 1–7.

Published

2021-10-21

How to Cite

Wijaya, A. B. (2021). ANALISA PEGAS TEKAN PADA SISTEM SUSPENSI MOBIL AIR ENGINE. ALMIKANIKA, 2(2), 77–86. https://doi.org/10.32832/almikanika.v2i2.5196

Issue

Section

Articles