ANALISA MEKANISME RACK STEER MOBIL LISTIK OTONOM

Bintang Widyana Syifaul Hilmi

Sari


ABSTRAK

 

Penelitian dilakukan untuk menganalisa system kinematis dan menganalisa gaya-gaya yang terjadi pada mobil listrik, kemudian membandingkan perhitungan sudut roda dengan menggunakan Software Solidwork 2018. Tahap pertama yang dilakukan pada penelitian ini yaitu pengambilan data sudut roda dengan menggerakan kemudi 180˚, 360˚, 540˚, 720˚, kemudian tahap berikutnya menentukan letak titik gravitasi pada mobil listrik, menghitung gaya-gaya yang terjadi pada roda dan gaya untuk memutar kemudi. Tujuan dari analisa system kemudi ini adalah menghitung gaya normal pada roda depan untuk menghitung gaya yang dibutuhkan untuk memutar kemudi. Dari hasil Analisa perhitungan gaya normal pada roda depan menghasilkan gaya sebesar 518,1 N dengan gaya gesek maksimum (fmax) sebesar 259,1 N menghasilkan gaya untuk memutar kemudi (Fk) pada kondisi statis dibutuhkan gaya sebesar 103.64 N. Perbandingan sudut roda dapat diambil nilai rata-rata perbandingannya yaitu 0,75˚, dan untuk roda bagian kiri mendapatkan nilai rata-rata perbandingannya yaitu 2,45˚. Kemudian saat kemudi di putar ke arah kiri pada roda bagian kanan mendapatkan nilai rata-rata perbandingannya yaitu 2,5˚, dan untuk roda bagian kiri mendapatkan nilai rata-rata perbandingannya yaitu 1.6˚.

 

Kata kunciMobil Listrik, Rack Steer, Roda Gigi, Sudut Roda, Sistem Kemudi


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Fajar, Daris Ibnu;. (2015). “ANALISA SISTEM KEMUDI MOBIL LISTRIK BRAJAWAHANA ITS TERHADAP KONSDISI ACKERMAN”. Teknik Mesin, Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Sepuluh Novenmber.

https://www.cnbcindonesia.com/news/20210421121807-4-239546/2020-drop-2021-konsumsi-bbm-ri-diramal-bakal-melesat-15

Wiyono, Y. P. (2018). “SISTEM TRANSMISI OTOMATIS DENGAN METODE CONTINUOUSLY VARIABLE TRANSMISSION PADA MOBIL LISTRIK” , 1

Hutomo, A, K. 2018. “SISTEM KEMUDI PADA MOBIL GOLF LISTRIK”. Skripsi. Jurusan Teknik Mesin. Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Cahalim. Y. “SISTEM KEMUDI” 16 November 2013. 10 juli 2017. https://tkrwonoasri.blogspot.co.id/2013/12/sistem kemudi manual pada mobil 2.html.

Bumi, B. P. 2015. “ANALISA DINAMIC OF HANDING KENDARAAN REVERSE TRIKE DITINJAU DARI PERGESERAN CENTER OF GRAVITY (CG)”. Skripsi. Jurusan Tekmik Mesin. Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Heriana. E, Rusian. W, Ismail. A, “MODIFIKASI KEMUDI MANUAL MENJADI TPE RACK AND PINION PADA ANGKUTAN PEDESAAN”. Jurnal Konversi Energi dan Manufaktur UNJ, Edisi terbit 1, April 2017.

Teknik Mesin1. (2015). “MACAM MACAM RODAGIGI” http://teknikmesin1.blogspot.com/2011/05/macam-macam-roda-gigi.html.

Nasution. A, “RANCANGAN EKSPERIMEN IDENTIFIKASI KARAKTERISTIK PEMBEBANAN PADA SISTEM KEMUDI POWER STEERING KENDARAAN”, Skripsi, Departemen Teknik Mesin. Universitas Sumatera Utara Medan. 2017.

Artika. K. D, Syahyuniar. R, Priono. N, “PERENCANAAN SISTEM KEMUDI MANUAL PADA MOBIL LISTRIK”, Jurnal Elemen Volume 4 Nomor 1, Politeknik Negri Tanah Laut, Juni 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.32832/almikanika.v2i3.5484

Article Metrics

Sari view : 78 times
PDF - 6 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##