HUBUNGAN KEPEMIMPINAN GURU DENGAN DISIPLIN BELAJAR PESERTA DIDIK DI MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH AWWALIYAH NURUL IKHLAS DI RW 03 KELURAHAN SUKAMAJU KABUPATEN CIANJUR

Authors

  • Putri Mutiara
  • M. I. Suhifatullah
  • Sri Nurlaily

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembentukan akhlak anak. Terkait dengan upaya membentuk akhlak anak dapat dilakukan melalui pendidikan formal, non formal, dan informal. Di sekolah pendidikan anak antara lain dilakukan melalui pendidikan agama, namun waktu belajarnya sangat kurang yakni hanya 2 jam dalam seminggu. Karena itu perlu adanya kegiatan pendidikan atau belajar tambahan yang dilakukan secara non formal, antara lain melalui Madrasah Diniyah. Mengingat pentingnya Madrasah Diniyah dalam rangka memberikan pembelajaran tambahan agama, maka di Rw 03 Kelurahan Sukamaju Kabupaten Cianjur telah diselenggarakan Madrasah Diniyah Takmiliyah Awwaliyah Nurul Ikhlas. Sejauh ini peserta didiknya banyak, namun dalam kegiatan pemebelajaran menunjukkan perilaku kurang disiplin. Hal ini terlihat dari tingkat kehadiran, keterlambatan, banyak bolos, dan kurang memperhatikan waktu.
Dari latar belakang masalah tersebut di atas penulis merumuskan masalah penelitian ini yaitu : Bagaimana Kepemimpinan Guru di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awwaliyah Nurul Ikhlas di Rw 03 Kelurahan Sukamaju Kabupaten Cianjur ?, Bagaimana disiplin belajar peserta didik di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awwaliyah Nurul Ikhlas di Rw 03 Kelurahan Sukamaju Kabupaten Cianjur ?, Adakah hubungan kepemimpinan guru dengan disiplin belajar peserta didik di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awwaliyah Nurul Ikhlas di Rw 03 Kelurahan Sukamaju Kabupaten Cianjur ?.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji hipotesis tentang ada tidaknya hubungan kepemimpinan guru dengan disiplin belajar peserta didik di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awwaliyah Nurul Ikhlas di Rw 03 Kelurahan Sukamaju Kabupaten Cianjur .

Downloads

Published

2014-09-01

How to Cite

Mutiara, P., Suhifatullah, M. I., & Nurlaily, S. (2014). HUBUNGAN KEPEMIMPINAN GURU DENGAN DISIPLIN BELAJAR PESERTA DIDIK DI MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH AWWALIYAH NURUL IKHLAS DI RW 03 KELURAHAN SUKAMAJU KABUPATEN CIANJUR. ANDRAGOGI, 14(2). Retrieved from https://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/ANDRAGOGI/article/view/1068

Issue

Section

Artikel