HUBUNGAN ANTARA PERHATIAN ORANG TUA DENGAN MOTIVASI BELAJAR WARGA BELAJAR PADA KELOMPOK BELAJAR PAKET C DI PKBM AL JAUHAR KOTA BOGOR

Rusdi Kasman, Abdur Rohman

Abstract


Perhatian orang tua adalah suatu rangsangan yang diberikan oleh orang tua dalam rangka memberikan bimbingan agar anak menjadi pribadi yang baik dalam menyesuaikan diri terhadap lingkungannya. perhatian orang tua terdiri dari perhatian intensif dan perhatian tidak intensif, perhatian spontan dan perhatian sekendak (tidak spontan), perhatian terpencar(distributive) dan perhatian terpusat (konsentratif) serta perhatian fiktif dan fluktuatif. Motivasi Belajar adalah dorongan dasar yang menggerakkan seseorang bertingkah laku ke arah yang lebih baik, dengan melakukan kegiatan menambah keterampilan dan pengalaman untuk mencapai tujuan belajar yang diharapkan. ciri-ciri motivasi belajar di atas dapat disimpulkan bahwa apabila seseorang memiliki ciri tersebut, berarti orang itu memiliki motivasi yang cukup kuat. Ciri-ciri motivasi seperti di atas akan sangat penting dalam kegiatan belajar-mengajar. Kegiatan belajar-mengajar akan berhasil baik kalau warga belajar tekun mengerjakan tugas, ulet dalam memecahkan berbagai masalah dan hambatan secara mandiri. Warga belajar yang belajar dengan baik tidak akan terjebak pada sesuatu yang rutinitas dan mekanis.
Metodologi penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif., lalu dianalisis data secara korelasional untuk melihat hubungan antara perhatian orang tua dengan motivasi belajar.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan signifikan perhatian orang tua terhadap motivasi warga belajar PKBM Al Jauhar Kota Bogor.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 ANDRAGOGI