HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN PENYESUAIAN DIRI DENGAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KEJAR PAKET C PADA PKBM GUMILANG DI KELURAHAN PASIR JAYA KECAMATAN BOGOR BARAT KOTA BOGOR

Authors

  • Abdul Madjid
  • Masitowati Gatot
  • Ahmad Maulana

Abstract

Prestasi belajar adalah perubahan yang terjadi pada individu setelah melakukan suatu kegiatan pembelajaran, bukan hanya perubahan dalam pengetahuan, tetapi juga perubahann dalam kecakapan, kebiasaan, sikap, pengertian, penguasaan dan penghargaan dalam diri pembelajar. Untuk meningkatkan prestasi belajar dibutuhkan kemampuan Penyesuaian diri, baik kemampuan yang merupakan bawaan atau hasil latihan untuk menyesuaikan diri dengan keadaan lingkungan, atau mengubah lingkungan sesuai dengan kehendak diri. Penyesuaian diri yang baik ditandai dengan sikap yang sehat terhadap fungsi tubuh, merasa diterima sebagai anggota kelompok, percaya diri dan tidak merasa rendah diri di hadapan orang banyak dan dapat memahami mengapa seseorang melakukan tindakan atau memiliki sikap tertentu terhadap orang lain atau peristiwa tertentu.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa angket, observasi, studi pustaka dan wawancara. Dari hasil penelitian, diperoleh simpulan sebagai berikut :
1) Nilai rhitung sebesar 0,65 berada pada interval 0,60 – 0,799 menunjukan tingkat hubungan yang KUAT. Demikian pula setelah dikonsultasikan dengan nilai rtabel product moment (n-2 = 28), ? = 0,05, diperoleh rtabel = 0,361, menunjukkan rhitung > rtabel (0,65 > 0,361). Hal ini menunjukkan terdapat hubungan yang KUAT antara kemampuan penyesuaian diri dengan prestasi belajar peserta didik Kejar Paket C pada PKBM Gumilang di Kelurahan Pasir Jaya Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor.
2) Nilai thitung sebesar 4,525 dengan ? = 0,05 dan n – 2 = 28, diperoleh ttabel sebesar 2,04841, sehingga thitung > ttabel (4,525 > 2,04841). Hal ini berarti nilai thitung berada pada wilayah penolakan hipotesis Uji. Dengan demikian maka penelitian ini menolak Hipotesis uji (H0) dan menerima Hipotesis alternatif (H1) yaitu: “Terdapat Hubungan Antara Kemampuan Penyesuaian Diri Dengan Prestasi Belajar peserta didik Kejar Paket C pada PKBM Gumilang di Kelurahan Pasir Jaya Kecamatan Bogor Kota Bogor”.
3) Harga Koefisien Determinasi (KD) sebesar 42%. A mengandung arti kemampuan penyesuaian diri memberikan kontribusi sebesar 42% terhadap prestasi belajar pesertra didik Kejar paket C pada PKBM Gumilang di Kelurahan Pasir Jaya Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor, sedangkan sisanya sebesar 58% merupakan kontribusi dari faktor-faktor lain.

Downloads

Published

2015-07-26

How to Cite

Madjid, A., Gatot, M., & Maulana, A. (2015). HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN PENYESUAIAN DIRI DENGAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KEJAR PAKET C PADA PKBM GUMILANG DI KELURAHAN PASIR JAYA KECAMATAN BOGOR BARAT KOTA BOGOR. ANDRAGOGI, 15(1). Retrieved from https://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/ANDRAGOGI/article/view/528

Issue

Section

Artikel