PENGARUH KEGIATAN BERMAIN SENTRA PERAN TERHADAP PERKEMBANGAN KECERDASAN BAHASA ANAK USIA DINI PADA SISWA KELOMPOK BERMAIN ISLAM TERPADU “AZIZAH” DI KELURAHAN CILENDEK BARAT KECAMATAN BOGOR BARAT KOTA BOGOR

Authors

  • Ruhenda .
  • Euis Maesyaroh

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana pengaruh kegiatan bermain sentra peran terhadap perkembangan kecerdasan bahasa anak usia dini KB IT Azizah Cilendek Barat Kota Bogor ?”, masalah penelitian dibatasi pada : 1) Kegiatan bermain sentra peran, 2) Perkambangan kecerdasan bahasa anak usia dini, 3) Pengaruh kegiatan bermain sentra peran terhadap perkembangan kecerdasan bahasa anak usia dini di KB IT Azizah Cilendek Barat Kota Bogor. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data dan informasi tentang ; Pengaruh kegiatan bermain sentra peran terhadap perkembangan kecerdasan bahasa anak usia dini di KB IT Azizah Cilendek Barat Kota Bogor .
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa Angket (quistioner), observasi, wawancara dan studi kepustakaan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak usia dini di KB IT Azizah sebanyak 60 sekaligus dijadikan sampel.
Hipotesis Uji dari penelitian ini adalah :
H0 = Tidak terdapat pengaruh dari kegiatan bermain sentra peran terhadap perkembangan kecerdasan bahasa anak usia dini KB IT Azizah, Cilendek Barat Kota Bogor.
H1 = Terdapat pengaruh kegiatan bermain sentra peran terhadap kecerdasan bahasa anak usia dini KB IT Azizah Cilendek Barat Kota Bogor.
Pengujian terhadap kebenaran Hipotesis menggunakan rumus Product Moment person. Setelah dilakukan pengujian terhadap data yang diterima, diperoleh hasil penelitian sebagai berikut :
1. Nilai korelasi product moment (r) diperoleh nilai r = 0,823, hal ini menunjukan bahwa pengaruh variabel X (Bermain sentra peran) terhadap variabel Y (Kecerdasan bahasa anak usia dini) adalah kuat.
2. Untuk mengetahui signifikansi pengaruh, diuji dengan mempergunakan t student (ttabel). Selanjutnya koefisien korelasi tersebut diuji dengan mempergunakan t hitung pada taraf nyata 5% (10,995) atau pada tingkat kepercayaan 95%. Hasil t hitung di bandingkan dengan t tabel. Dari perhitungan diperoleh nilai t hitung sebesar 10,995 , apabila t hitung ini dikonsultasikan pada t
ii
tabel pada taraf nyata 0,05 dengan derajat bebas 60 ( n-2 = 60-2 =58) diperoleh nilai t tabel 2,00172.
3. Dari hasil perhitungan di atas diperoleh nilai a = 21,02 dan nilai b = 0,73 maka persamaan garis regresinya adalah :Y= a + bX ?Y= 21,02 + 0,73X. Hal ini memperlihatkan bahwa, apabila tidak adanya kegiatan bermain sentra peran, maka anak usia dini KB IT Azizah akan memiliki perkembangan bahasa sebesar 21,02 satuan skor, sedangkan apabila pendidik memberikan kegiatan bermain sentra peran secara maksimal kepada anak usia dini, maka untuk setiap kenaikan satu satuan skor kegiatan bermain sentra peran cenderung meningkatkan kecerdasan bahasa anak usia dini KB IT Azizah, Cilendek Barat Kota Bogor sebesar 0,73 satuan skor.

Downloads

Published

2015-07-26

How to Cite

., R., & Maesyaroh, E. (2015). PENGARUH KEGIATAN BERMAIN SENTRA PERAN TERHADAP PERKEMBANGAN KECERDASAN BAHASA ANAK USIA DINI PADA SISWA KELOMPOK BERMAIN ISLAM TERPADU “AZIZAH” DI KELURAHAN CILENDEK BARAT KECAMATAN BOGOR BARAT KOTA BOGOR. ANDRAGOGI, 15(1). Retrieved from https://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/ANDRAGOGI/article/view/530

Issue

Section

Artikel