PARTISIPASI ANGGOTA KELOMPOK WANITA TANI PADA KEGIATAN PERCEPATAN PENGANEKARAGAMAN KONSUMSI PANGAN ( P2KP ) DI KECAMATAN TALAWI, KOTA SAWAHLUNTO, PROVINSI SUMATERA BARAT.

Authors

  • Dedi Kusmiadi
  • Achmad Musyadar

Abstract

Penelitian dilaksanakan selama tiga bulan dimulai 17 Maret 203 sampai dengan 12 Mei 2013.Lokasi penelitian di Kecamatan Talawi, Kota Sawahlunto Sumatera Barat.Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan partisipasi anggota kelompok wanita tani dalam percepatan penganekaragaman konsumsi pangan dan menentukan indikator partisipasi terlemah dalam percepatan penganekaragaman konsumsi pangan. Sampel berjumlah 30 responden dari tiga kelompok wanita tani, setiap kelompok dipilih 10 responden. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dalam bentuk pernyataan atau pertanyaan.Selanjutnya data diolah dalam bentuk tabulasi dengan menggunakan Non Parametrik Kendall’W (SPSS.18)
Berdasarkan hasil uji reabilitas diperoleh nilai Cronbach’s Alpha value of 0.825, menujukkan bahwa kuesioner dapat digunakan untuk mengukur partisipasi kelompok wanita tani. Hasil analisis menunjukkan ranking tertinggi adalah kemauan untuk belajar dengan mean rank 5.05 dan ranking terendah adalah kemampuan melaksanakan kegiatan dengan mean rank 2.50. Topik penyuluhan yang harus diberikan kepada anggota kelompok wanita tani adalah pengembangan pangan lokal, bergizi, beragam, seimbang dan aman.

Downloads

Published

2014-02-28

How to Cite

Kusmiadi, D., & Musyadar, A. (2014). PARTISIPASI ANGGOTA KELOMPOK WANITA TANI PADA KEGIATAN PERCEPATAN PENGANEKARAGAMAN KONSUMSI PANGAN ( P2KP ) DI KECAMATAN TALAWI, KOTA SAWAHLUNTO, PROVINSI SUMATERA BARAT. ANDRAGOGI, 14(1). Retrieved from https://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/ANDRAGOGI/article/view/846

Issue

Section

Artikel