HUBUNGAN ANTARA KESIAPAN BELAJAR SANTRI DENGAN EFEKTIVITAS METODE SOROGAN DI PESANTREN AL- FATAH DESA PAGELARAN KECAMATAN CIOMAS KABUPATEN BOGOR

Authors

  • Dede Jamaludin
  • Dr. Masitowati M.Ed.,M.Si.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana hubungan antara kesiapan belajar santri dengan efektivitas metode sorogan di pesantren Al-Fatah Desa Pagelaran Kecamatan Ciomas Kabupaten Bogor. Kajian teori dibahas berkaitan dengan konsep kesiapan belajar dan metode sorogan. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriftif dan pengumpulan data dengan menggunakan angket, studi literatur, dan observasi. Populasi dalam
penelitian ini sebanyak 85 orang santri dengan jumlah sampel 40 responden. Hipotesis yang diuji dalam penelitian ini adalah Ha= Terdapat hubungan antara kesiapan belajar santri dengan efektivitas metode sorogan di pondok pesantren Al-Fatah desa Pagelaran Kecamatan Ciomas Kabupaten Bogor. Berdasarkan hasil perhitungan yang dilakukan oleh penulis diperoleh hasil sebagai berikut: Nilai r hitung yang dikonsultasikan dengan r tabel pada taraf nyata 0,05 (5%)
sebesar 0,40, angka ini lebih besar dari r tabel yang hanya 0,312. hal ini mengindikasikan H0 di tolak, dan Ha di terima. Nilai t hitung sebesar 2,708 lebih besar dari nilai t tabel 2,02439, berarti Ho di tolak, dan Ha di terima, dimana t hitung > t tabel. Harga koefisien determinasi diperoleh sebesar 16%, hal ini menunjukkan bahwa kesiapan belajar santri memberikan kontribusi sebesar
16% terhadap efektivitas metode sorogan. Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang cukup baik antara kesiapan belajar santri dengan efektivitas metode sorogan di pesantren Al-Fatah Desa Pagelaran Kecamatan Ciomas Kabupaten Bogor

Downloads

Published

2016-02-15

How to Cite

Jamaludin, D., & M.Ed.,M.Si., D. M. (2016). HUBUNGAN ANTARA KESIAPAN BELAJAR SANTRI DENGAN EFEKTIVITAS METODE SOROGAN DI PESANTREN AL- FATAH DESA PAGELARAN KECAMATAN CIOMAS KABUPATEN BOGOR. ANDRAGOGI, 16(1), 1. Retrieved from https://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/ANDRAGOGI/article/view/933

Issue

Section

Artikel