KAJIAN EFEKTIFITAS PELAYANAN BUS KAMPUS DI IPB DRAMAGA (Studi Kasus: Koridor 01, 03, dan 04)

Authors

  • Oke Riswanto

DOI:

https://doi.org/10.32832/astonjadro.v7i1.2275

Keywords:

Bus kampus, standar pelayanan, green transportation.

Abstract

Kampus Institut Pertanian Bogor (IPB) yang berada di Dramaga sedang mencanangkan Green Campus,rektor mengeluarkan kebijakan berupa SK Rektor IPB Nomor 205/IT3/LK/2015 tentang pelaksanaan gerakan green campus 2020 di lingkungan IPB yang salah satunya adalah green transportation.Moda utama transportasi dalam kampus sesuai prioritasnya ialah berjalan kaki, bersepeda, bus kampus, dan mobil listrik.Bus kampus sendiri merupakan salah satu sarana transportasi untuk menunjang aktivitas warga kampus.Tujuan penelitianmengetahui kinerja bus kampus di IPB Dramaga pada tahun 2018 dan menganalisa dan menghitung efektifitas kinerja bus kampus di IPB Dramaga dalam memenuhi standar pelayanan minimun angkutan umum.Bus IPB beroperasi pada pukul 06.00 hingga pukul 18.00 dengan jumlah armada sebanyak 7 armada bus. Pelayanan bus kampus IPB hingga saat ini dibagi menjadi 3 koridor yaitu Koridor 1 sepanjang 1.8 km dengan Rute Koridor dari GWW menuju FKH via Asrama Puttri, Koridor 3 sepanjang 1.5 km dengan Rute Koridor dari GWW menuju FKH via LSI/Perpustakaan, dan Koridor 4 sepanjang 1.2 km dengan Rute Koridor dari GWW menuju FKH via Rektorat. Pelayanan jasa angkutan bus kampus di IPB dikenakan biaya jasa sebesar 1000 rupiah pada setiap pemakaian jasa. Aspek yang ditinjau mengacu kepada Standar Pelayanan yang telah diatur oleh Negara tersebut ditetapkan di dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan pada pasal 141 paragraf 2 tentang Standar Pelayanan Angkutan Orang. Adapun penjelasan selengkapnya tentang Standar Pelayanan tersebut terdapat pada Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 29 Tahun 2015 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 98 Tahun 2013 tentang Standar Pelayanan Minimal Angkutan Orang dengan Kendaraan Bermotor Umum dalam Trayek.

References

Fina Mustaina, 2017. Pelayanan Bus Kampus Terhadap Mahasiswa Universitas Riau Di Pekanbaru http://rri.co.id/jakarta/post/berita/384573/metropolitan/ipb_disumbang_lima_bus_pt_ sinar_mas.html

Khisty, dan Lall., (2003). Dasar-Dasar Rekayasa Transportasi. Terjemahan oleh Miro, Erlangga, Jakarta.

Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI), 1997, Departemen Pekerjaan Umum, Direktorat Jenderal Bina Marga.

Morlok, E. K. 1985. Pengantar Teknik dan Perencanaan Transportasi. Jakarta: Erlangga

Nazir, Moh. 2005. Metode Penelitian. Ghalia Indonesia, Bogor.

Peraturan Menteri Perhubungan No.98 tahun 2013 tentang Standar Pelayanan Minimam Angkutan Dalam Trayek

Peraturan Menteri Perhubungan No.29 tahun 2015 tentang Standar Pelayanan Minimam Angkutan Dalam Trayek

SK Rektor IPB, (2015), tentang Green Transportation, Nomor 241/IT3/LK/2015 pada tanggal 29 September 2015

Tamin, O.Z. (1997). “Perencanaan dan Pemodelan Transportasi”, Teknik Sipil Institut Teknologi Bandung.

Undang – undang No.22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan

Uswatul Fitroh, 2015. Efektivitas Pelayanan Angkutan Bus Sekolah Gratis Oleh Dinas Perhubungan Komunikasi Dan Informatika Kota Blitar

Warpani, Suwarjoko. 2002. Pengelolaan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Bandung: Penerbit ITB

Weksi Budiaji, 2013. Skala Pengukuran Dan Jumlah Respon Skala Likert.

Syaiful, Syaiful, 2005, Analisis Kebisingan Arus Lalu Lintas Dan Geometri Jalan Di Kawasan Simpang Lima Kota Semarang. Masters thesis, program Pascasarjana Universitas Diponegoro. Diponegoro University, Semarang: INSTITUTIONAL REPOSITORY.

Syaiful (2012), STUDI KASUS TENTANG TINGKAT KEBISINGAN YANG DITIMBULKAN KENDARAAN BERMOTOR DI BOGOR (Kajian di Depan Rumah Sakit Azra Jalan Pajajaran Kota Bogor), ISSN 2302-4240, Vol 1, No 1 (2012). http://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/ASTONJADRO/article/view/785

Dian Anggraini, Syaiful (2013), Analisis Konsep Parkir pada Plaza Ekalokasari Bogor, ISSN 2302-4240, Vol 2, No 2 (2013).http://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/ASTONJADRO/article/view/794

Ngadimo, Syaiful (2014), Analisis Polusi Suara Yang Ditimbulkan Kecepatan Kendaraan Bermotor (Kajian di Depan Rumah Sakit Bunda Jalan Margonda Raya Kota Depok), ISSN 2302-4240, Vol 3, No 1 (2014). http://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/ASTONJADRO/article/view/803

Syaiful (2015). Tingkat Resistensi Polusi Suara di Depan RSIA Sentosa Bogor, Jurnal Astonjadro, ISSN 2302-4240, Vol 4, No 2 (2015). http://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/ASTONJADRO/article/view/828

Downloads

Published

2020-01-18

How to Cite

Riswanto, O. (2020). KAJIAN EFEKTIFITAS PELAYANAN BUS KAMPUS DI IPB DRAMAGA (Studi Kasus: Koridor 01, 03, dan 04). ASTONJADRO, 7(1), 18–25. https://doi.org/10.32832/astonjadro.v7i1.2275

Issue

Section

Articles