ANALISIS DAMPAK LALU LINTAS PEMBANGUNAN FASILITAS RESIDENSIAL DAN KOMERSIAL OLYMPIC CITY BOGOR (Studi Kasus: Olympic City Bogor)

Authors

  • Muhammad Yusuf

DOI:

https://doi.org/10.32832/astonjadro.v7i1.2276

Keywords:

Lalu lintas, fasilitas residensial, pembangunan.

Abstract

PT. Olympic Bangun Persada  bermaksud untuk berperan serta dalam pengembangan kawasan Kota Bogor, terutama dalam bidang hunian dan fasilitas komersial. Yg akan dilaksanakan pada akhir Tahun 2017 sampai dengan awal Tahun 2020, Berkaitan hal tersebut diatas, maka pada studi akan dilakukan kajian dampak lalu lintas di area pengembangan Olympic City. Kajian analisis dampak lalu lintas adalah suatu studi yang menganalisis pengaruh yang ditimbulkan oleh lalu lintas yang dibangkitkan oleh suatu pengembangan kawasan terhadap jaringan transportasi di sekitarnya. Studi ini meliputi kajian terhadap sirkulasi lalu lintas di bagian dalam kawasan sampai dengan jalan sekeliling kawasan yang  merupakan jalan akses ke kawasan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi masalah lalu lintas yang akan terjadi sebelum dan setelah masa konstruksi pembangunan fasilitas residensial dan komersial Olympic City Bogor.metode yang digunakan studi pustaka dan pengumpulan data primer dan sekunder dan pengolahan data ini menggunakan Aplikasi Simulation and Assignment of Traffic on Urban Road Network (SATURN). Hasil studi menunjukkan bahwa Analisis dampak lalulintas penting dilakukan setiap proyek konstruksi untuk menanggulangi dampak pengembangan dan pembangunan fasilitas residensial dan komersial Olympic City Bogor terhadap kondisi jaringan jalan dan dampak lalu lintas di sekitar kawasan pembangunan.

References

C. Jotin khisty, B. Kent Lall, 2003, Dasar-Dasar Rekayasa Transportasi, Jakarta: Erlangga.

Edward K Morlok, 1984, Pengantar Teknik Dan Perencanaan Transportasi, Jakarta:Erlangga.

Google earth search, 29 agustus 2018, 19:30, Bogor.

Manual kapasitas jalan indonesia (MKJI), 1997.

Ofyar Z. Tamin, Jurnal PWK, Vol 9 No. 3 september 1998.

Sukirman, 1999.

Tamin., 1997. Perencanaan, Pemodelan, dan Rekayaasa Transportasi, Institut Teknologi Bandung, Bandung.

Van, D. V. (2003). User Manual SATURN 10.4. The University of Leeds

Peraturan menteri perhubungan No. 75 Tahun 2015 mengenai penyelenggaraan dampak lalu lintas.

Wildan Nurohman, 2017, Analisis Bangkitan dan Tarikan pada perencanaan pembangunan Stasiun LRT di Warung jambu, Tidak dipublikasikan, Skripsi, Universitas Ibn Khaldun Bogor.

Downloads

Published

2020-01-18

How to Cite

Yusuf, M. (2020). ANALISIS DAMPAK LALU LINTAS PEMBANGUNAN FASILITAS RESIDENSIAL DAN KOMERSIAL OLYMPIC CITY BOGOR (Studi Kasus: Olympic City Bogor). ASTONJADRO, 7(1), 26–35. https://doi.org/10.32832/astonjadro.v7i1.2276

Issue

Section

Articles