ANALISIS MODEL TARIKAN PERGERAKAN KAPAL DI PELABUHAN CIREBON

Authors

  • Juang Akbardin
  • Nurzulmi Romadian

DOI:

https://doi.org/10.32832/astonjadro.v7i2.2282

Keywords:

Model tarikan, pergerakan kapal, pelabuhan Cirebon.

Abstract

Pertumbuhan ekonomi yang meningkat sangat dipengaruhi sistem pergerakaan input dan output barang disuatu wilayah.  Pelabuhan yang merupakan fasilitas penting dalam pergerakan input – output barang dalam menrorong pertumbuhan ekonomi. Pelabuhan Cirebon mempunyai perannan penting pada Provinsi Jawa Barat dan Jawa Tengah berdasarkan lokasi strategisnya. Untuk meningkatkan perenanpenting pelabuhan Cirebon hasil ditingkatkan peranan pergerakan lalu lintas laut untuk mendorong percepatan ekonomi wilayah. Penelitian model tarikan pergerakan kapal merupakan pendekatan untuk mengestimasi potensi pergerkan lalu lintas laut dari pelabuhan Cirebon.  Tujuan penelitian dari analisis ini adalah menentukan model tarikan pergerkan dipelabuhan Cirebon. Metode penelitian dengan analisis multiple regression digunakan untuk mengetahui hubungan antar variabel dan menentukan hasil model tarikan pergerakan. Hasil model tarikan pergerkan diperoleh dengan model dengan uji signifikansi model 0,67.  Model tarikan tersebut sangat dipengaruhi oleh variabel bongkar muat yang terjadi dipelabuhan Cirebon. Dengan demikinan variabel yag pada pemodelan tarikan pergerakan ini perlu peningkatan pelayanan dlam mendukung system pergerakan  lalu lintas kapal dipelabuhan.

References

Akbardin J., Parikesit, D. Riyanto, B. Mulyono. A.T. (2018) The Influence Of Freight Generation Production Characteristics Of The Internal–Regional Zone Commodities On Sustainable Freight Transportation Highway Network System - Matec Web Of Conferences - 159, 01014 (2018)

Akbardin, J (2013), Variable Relationships Estimation Of Cargo Transportation Network System To The Number Of Internal Regional Cargo Mode (Case Study Of Road Network System In Central Java Province) Eco Rekayasa Volume 09 No. 1, Maret 2013

Akbardin, J (2013) Studi pemodelan sebaran pergerakan barang pokok dan strategis internal regional (Studi kasus Provinsi Jawa Tengah), Jurnal Tekno, Volume 11 isssu 58

Akabrdin, J (2013) Kajian Model Bangkitan Pergerakan Kawasan Pendidikan Jalan Sultan Fatah Kota Demak, Jurnal Kokoh, Volume 364

Amiron HSB, Sahdan. (2009). Analisa Kelayakan Ukuran Panjang Dermaga, Gudang Bongkar Muat Barang dan Sandar Kapal (Dermaga Ujung Baru – Pelabuhan Belawan). Medan: Universitas Sumatera Utara. Direksi Pelabuhan Cirebon. 2015. Pelabuhan Cirebon/Port Of Cirebon. Cirebon: PT. (Persero) Pelabuhan Indonesia II cabang Cirebon.

Hana, Karimah, Supratman Agus, Akbardin, J (2016) Analisis Pengaruh Bangkitan Pergerakan Permukiman terhadap Kinerja Ruas Jalan Ciwastra Kota Bandung, Universitas Pendidikan Indonesia

Kramadibrata, Soedjono. (2002). Perencanaan Pelabuhan/Soedjono Kramadibrata. Bandung: Penerbit ITB

Triatmodjo, Bambang. (2009).Perencanaan Pelabuhan.Yogyakarta :Beta Offset

Winston, C. (1983). The demand for Freight Transportation : Models and Applications, Transportation Research Part A, 17.pp.419-427.

Downloads

Published

2020-01-18

How to Cite

Akbardin, J., & Romadian, N. (2020). ANALISIS MODEL TARIKAN PERGERAKAN KAPAL DI PELABUHAN CIREBON. ASTONJADRO, 7(2), 76–81. https://doi.org/10.32832/astonjadro.v7i2.2282

Issue

Section

Articles