EVALUASI PELAYANAN PARKIR DI RUAS JALAN UTAMA SURYAKENCANA (Studi Kasus Lahan Parkir di Suryakencana Bogor)


Abstract


Suatu hal yang tidak dapat dipisahkan dari masyarakat dalam melakukan aktivitas yaitu transportasi. Tarikan pergerakan dipengaruhi oleh aktivitas pusat kota yang tinggi. Kondisi ini tergantung terutama pada sistem transportasi yang ada dan parkir merupakan komponen utama dari sistem transportasi. Terdapat permasalahan parkir di badan jalan, seperti adanya juru parkir liar yang mengakibatkan terjadinya kemacetan di ruas jalan suryakencana akibat adanya parkir sementara, hal tersebut mendorong peneliti dalam melakukan pemecahan permasalahan parkir di jalan suryakencana bogor. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja operasional parkir di wilayah studi dengan penyelesaian rekomendasi yang telah di tentukan yang ditinjau dari faktor karakteristik parkir seperti akumulasi parkir, durasi parkir, volume parkir, indeks parkir, kinerja ruas jalan suryakencana dan pelayanan parkir yang ada di jalan suryakencana. Data data diperoleh melalui survey lapangan pada hari pengamatan. Hasil evaluasi dengan merujuk pada standar peraturan daerah kota bogor nomor 4 tahun 2012 tentang perparkiran.


Keywords


Parkir; ruas jalan suryakencana; transportasi

Full Text:

PDF

References


Amalia L R, Agustin I W dan Utomo D M. (2016).Evaluasi Kinerja Operasional Parkir Di Badan Jl. K.H. Agus Salim, Jl. Zainul Arifin, Dan Jl. S.W. Pranoto Kota Malang.Malang: Planning For Urban Region And Environment Vol. 5 No. 3.

Budiman A dan Triono J. (2016). Sistem Informasi Parkir Kendaraan Bermotor Berbasis Android. Madiun: Jurnal Ilmiah Ilmu Ilmu Teknik.

Badan Pusat Statistik Kota Bogor.(2017). Update Terakhir 01 Oktober 2018. https://bogorkota.bps.go.id/statictable/2018/10/01/183/jumlah-penduduk-dan-laju-pertumbuhan-penduduk-menurut-kecamatan-di-kota-bogor-2010-2016-dan-2017.html

Direktorat Jendral Bina Marga, Departement Pekerjaan Umum, Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI). (2017). Jakarta.

Direktorat Jendral Perhubungan Darat. (1996). Pedoman Teknis Penyelenggaraan Fasilitas Parkir. Jakarta.

Direktorat Jendral Perhubungan Darat. (1998). Pedoman Perencanaan Dan Pengoperasian Fasilitas Parkir. Jakarta.

Effendi M, Sumarsono A Dan Legowo S J. (2017).Analisis Sistem Pelayanan Dan Karakteristik Parkir Terminal Palur. Surakarta: e-Jurnal Matriks Teknik Sipil.

Hasibuan M S R, Syahadat M R, Nuraini, Arifin N H.(2016). Perencanaan Jalan Suryakencana Siliwangi Sebagai Ruang Interpretasi Budaya Di Kawasan Pecinan Kota Bogor. Bogor: Buana Sains Vol. 16 No.1.

Hawati T M, Oktaviani R Dan Falatehan A F.(2017). Strategi Optimalisasi Penerimaan Retribusi Pelayanan Parkir Tepi Jalan Umum Kota Tanggerang Selatan. Bogor: CC BY-NC-SA 4.0. 49-70.

Hobbs, F.D, 1995, Perencanaan dan Teknik Lalu Lintas, Penerbit Gadjah Mada University Press.

Ilosa, A.(2016). Kualitas Pelayanan Parkir di Tepi Jalan Umum Kota Yogyakarta. Jurnal Kajian dan Ilmu Administrasi Negara. 4(2): 107-126.

Martadipura J. (2013). Perancangan Sistem Informasi Perparkiran Pada Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM), Skripsi Universitas Komputer Indonesia.

Nabal A R J. (2014). Evaluasi Kebutuhan Lahan Parkir Pada Area Parkiran Kampus FISIP Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Yogyakarta: Jurnal Teknik Sipil 32 44.

Peraturan Daerah Kota Bogor. (2012). Perda No. 4 Tahun 2012 Tentang Perparkiran. Bogor

Peraturan Pemerintah.(2006). PP No. 34 Tahun 2006 tentang Jalan. Jakarta.

Kurniawan S Dan Surandono A. (2017). Analisis Kebutuhan Dan Penataan Ruang Parkir Kendaraan (Studi Kasus Pada Lahan Parkir Kampus II Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Metro). Lampung: Tapak Vol. 6 No.2.

Sumarni. (2016). Studi Tentang Pengelolaan Parkir (On The Street) Dalam Peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan Kelancaran Lalu Lintas Oleh Dinas Perhubungan Kota Samarinda. eJournal Ilmu Administrasi Negara. 4(1): 2377-2391.

Syaiful, Syaiful, 2005, Analisis Kebisingan Arus Lalu Lintas Dan Geometri Jalan Di Kawasan Simpang Lima Kota Semarang. Masters thesis, program Pascasarjana Universitas Diponegoro. Diponegoro University, Semarang: INSTITUTIONAL REPOSITORY.

Syaiful (2012), STUDI KASUS TENTANG TINGKAT KEBISINGAN YANG DITIMBULKAN KENDARAAN BERMOTOR DI BOGOR (Kajian di Depan Rumah Sakit Azra Jalan Pajajaran Kota Bogor), ISSN 2302-4240, Vol 1, No 1 (2012). http://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/ASTONJADRO/article/view/785

Syaiful (2015). Tingkat Resistensi Polusi Suara di Depan RSIA Sentosa Bogor, Jurnal Astonjadro, ISSN 2302-4240, Vol 4, No 2 (2015). http://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/ASTONJADRO/article/view/828

Syaiful, S., & Elvira, Y. (2017). Case Study On Use Area Parking At New Market City Shopping Center Bogor. IJTI (International Journal Of Transportation And Infrastructure), 1(1), 34-40. Retrieved from http://jurnal.narotama.ac.id/index.php/ijti/article/view/330

Syaiful (2017) Engineering model of traffic and transportation safety with pattern of cooperation between sustainable region in Bogor, MATEC Web Conf. 138 07008 DOI: 10.1051/matecconf/201713807008 https://doi.org/10.1051/matecconf/201713807008

Tamin O Z. (2000). Perencanaan dan Permodelan Transportasi.Penerbit ITB. Bandung.

Taruno H T. (2017). Evaluasi Kebijkan Pengelolaan Parkir (Studi Kasus : Kota Semarang). Semarang:Journal Of Governance Vol. 2 No. 2.

Undang Undang Republik Indonesia. (2009). UU No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.32832/astonjadro.v8i1.2286

Article Metrics

Abstract view : 99 times
PDF - 54 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats