ANALISIS DAMPAK LALU LINTAS PEMBANGUNAN TRANSIT ORIENTED DEVELOPMENT (TOD) GREEN WALK STATION BEKASI TIMUR

Authors

  • Rizky Herdiansyah

DOI:

https://doi.org/10.32832/astonjadro.v8i1.2287

Keywords:

Andall, kemacetan, rekayasa lalu Lintas.

Abstract

Pembangunan yang dilakukan oleh PT. Adhi Karya berupa Kawasan Transit Oriented Development (TOD) Green Walk Station seluas 19,6 Ha (BIA, 2018), pada salah satu Kecamatan Bekasi yang luas wilayahnya sekitar 13,49 km 2 (BPS, 2017) yaitu Bekasi Timur. Pembangunan kawasan ini akan membangkitkan pergerakan yang baru pada jaringan jalan di sekitarnya tentu saja akan berdampak negatif pada lalu lintas disekitarnya. Dampak negatif ini meliputi penambahan volume arus lalu lintas yang menyebabkan kemacetan di ruas jalan dan persimpangan sekitar kawasan, apabila tidak dilakukan penataan manajemen lalu lintas di sekitar kawasan tersebut. Tujuan dari penelitian ini akan melakukan Analisis Dampak Lalu Lintas (Andall) untuk meminimalisir kemacetan akibat hadirnya kawasan tersebut. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif. Dari analisis yang didapatkan, tingkat pelayanan ruas jalan dan simpang Apill eksisting atau Skenario Do Nothing menunjukkan rata-rata tingkat D. Setelah dilakukan Rekomendasi atau Skenario Do Something berupa pengaturan waktu siklus, perpindahan moda angkutan dan pelebaran jalan, maka tingkat pelayanannya rata-rata menjadi tingkat C. disimpulkan bahwa Rekomendasi atau Do Something dapat dapat membantu kinerja ruas jalan dan simpang Apill.

References

Arikunto, S. (2010) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Revisi 201. Jakarta: PT. RINEKA CIPTA.

Bina Infra Antarnusa (2018) PT. BIA, Analisis Dampak Lalu Lintas Pembangunan Green Walk Central Station Kota Bekasi. Bogor.

Badan Pusat Statistik (2017) BPS, Kota Bekasi Dalam Angka 2017. Bekasi.

Edmonton (2012) Transit Oriented Development Guidelines. Edmonton City.

Hasan (2002) Metode Penelitian. Edited by Hasan. Jakarta.

Manual Kapasitas Jalan Indonesia (2017) MKJI. 2017th edn. Jakarta: Kementerian Pekerjaan Umum.

Permenhub (2015) Peraturan Menteri 75 tahun 2015 tentang Penyelenggara Andalalin. Jakarta: Kementerian Perhubungan.

Pignataro, J. L. (1973) Traffic Engineering Theory and Practice. 1973rd edn. USA: Prentice Hall, Inc.

Peraturan Pemerintah (2011) PP No. 32 Tahun 2011, tentang Manajemen dan Rekayasa, Analisis Dampak, serta Manajemen Kebutuhan Lalu Lintas.

Tamin, O. Z (2000) Perencanaan & Pemodelan Transportasi. Kedua. Bandung: ITB.

Undang-Undang (2009) UU No. 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Jakarta.

Undang-Undang (2004) UU No. 38 Tahun 2004 Tentang Jalan. 2004th edn. Jakarta.

Downloads

Published

2020-01-21

How to Cite

Herdiansyah, R. (2020). ANALISIS DAMPAK LALU LINTAS PEMBANGUNAN TRANSIT ORIENTED DEVELOPMENT (TOD) GREEN WALK STATION BEKASI TIMUR. ASTONJADRO, 8(1), 24–34. https://doi.org/10.32832/astonjadro.v8i1.2287

Issue

Section

Articles