PERENCANAAN TEBAL LAPIS PERKERASAN KAKU PADA RUAS JALAN KAPTEN DASUKI BAKRI

Authors

  • Rigi Muharam Universitas Ibn Khaldun, Bogor, Jawa Barat

DOI:

https://doi.org/10.32832/astonjadro.v8i2.2617

Abstract

Jalan merupakan prasarana transportasi darat yang paling banyak digunakan oleh masyarakat untuk melakukan mobilitas keseharian. Jalan Kapten Dasuki Bakri merupakan jalan akses menuju Universitas Inais, Pamijihan dan jalur akses wisata gunung salak, yang kondisi sekarang ini mengalami kerusakan di beberapa titik diantaranya kerusakan jalan berlubang akibat limpahan air dari saluran drainase yang tidak berfungsi dengan baik, aspal yang mengalami kerusakan dan mengelupas, beban muatan kendaraan yang melintas. Seringnya penanganan dalam perbaikan kerusakan tersebut yang hasilnya tidak sampai bertahan lama, maka perlu adanya suatu penanganan peningkatan jalan yang tepat yang dapat mengatasi kerusakan – kerusakan pada ruas jalan tersebut dan sehingga jalan dapat bertahan lama. Masalah tersebut perlu diatasi dengan cara melakukan overlay jalan dengan perkerasan beton dengan umur rencana 20 tahun dan perhitungan geometrik pada lokasi penelitian tersebut. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendapatkan gambaran kondisi eksisting kerusakan jalan, dan mendapatkan perhitungan teknis tebal perkerasan kaku yang sesuai kondisi lalu lintas yang ada. Analisa perkerasan kaku jalan menggunakan standard Metode AASHTO (American Association of State Highway and Transportation Officials), serta perhitungan geometrik kondisi jalan menggunakan standard AASHTO (American Association of State Highway and Transportation Officials) dan Bina Marga 2002. Hasil analisis didapatkan tebal sesuai kondisi sembilan tabel AASHTO 1993 adalah 24 cm dengan tulangan memanjang D12-300 mm, tulangan melintang D31-840 mm, Dowel atau Tie bar yang dipakai dengan diameter 12 mm, panjang 500 mm, dan jarak 300 mm dan hasil geometrik dari analisis jalan tersebut adalah full circle.

Author Biography

Rigi Muharam, Universitas Ibn Khaldun, Bogor, Jawa Barat

Fakultas Teknik dan Sains, Dapertement Teknik Sipil (Civil Engineering)

References

AASHTO 1993. AASHTO guides for design of Pavement Structure.

American Association of State Highway and Transportation.

A Policy on Geometrik Design of Highway and Streets. American Association of State Highway and Transportation Officials, Washington, D.C. 1984.

Dede Sarwono. 2015. Kajian Pelayanan Fungsi Jalan Kota Bogor Selatan (Studi Kasus Ruas Jalan Bogor Selatan Zona B). Jurnal Rekayasa Sipil ASTONJADRO, 4 (2), pp.42-50.

Eri Susanto Hariyadi, Rulhendri, 2013. Pengaruh Jenis Pembebanan Dalam Analisis Struktur Perkerasan Lentur Terhadap Kinerja Perkerasan. Jurnal Rekayasa Sipil ASTONJADRO, 2 (2), pp.49-57.

Hendarsin Shirley L. 2000. Buku Penuntun Praktis Perencanaan Teknik Jalan Raya. Bandung: penerbit Politeknik Negeri Bandung.

MKJI (Manual Kapasitas Jalan Indonesia). Dapertemen Pekerjaan Umum, Direktorat Bina Marga, Direktorat Bina Jalan Kota, Jalan – No. 036/T/BM/1997, Februari, 1997

Muhammad Fakruriza Pradana. 2016. Perencanaan Tebal Lapis Perkerasan Kaku dengan Metode Bina Marga 2003 dan AASHTO 1993 (Studi Kasus: Jalan Akses Tol Cilegon Barat). Skripsi. Bogor: Universitas Ibn Khaldun.

NAASRA. 1987. Pavement Design, A Guide to the Structural Design of Road Pavement. National Association of Australian State Road Authorities.

Oglesby, Clarson H, and Lawrence I. Haves. Highway Engineering 2nd ed, Jhon Wiley and Sons. Inc, California, 1996.

Peraturan Perencanaan Geometrik Jalan Raya (Standard Specifications for Geometric Design of Rural Highways), Direktorat Jenderal Bina Marga, Dapertemen Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat No. 13/1970.

Sukirman Silvia. 1994. Dasar – Dasar Perencanaan Geometrik Jalan, NOVA, Bandung.

SKBI: 2.3.28.1998. 1998. Petunjuk Perencanaan Tebal Perkerasan, Bina Marga Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Kabupaten Bogor.

Tata Cara Perencanaan Geometrik Jalan Antar Kota, Dapertemen Pekerjaan Umu, Direktorat Jenderal Bina Marga, Jalan – No. 038/T/BM/1997. September 1997.

Thamrin & Syaiful. 2016. ANALISIS KEBISINGAN YANG DITIMBULKAN KEPADATAN KENDARAAN BERMOTOR (Studi kasus Depan Masjid Assalafiyah, Jl. Raya Sukabumi KM 22 Cigombong, Kabupaten Bogor). Jurnal Rekayasa Sipil ASTONJADRO, 5 (2), pp.46-57.

Downloads

Published

2020-01-29

How to Cite

Muharam, R. (2020). PERENCANAAN TEBAL LAPIS PERKERASAN KAKU PADA RUAS JALAN KAPTEN DASUKI BAKRI. ASTONJADRO, 8(2), 57–69. https://doi.org/10.32832/astonjadro.v8i2.2617

Issue

Section

Articles