ANALISIS METODE NETWORK PLANNING DAN S-CURVE PROYEK KONSTRUKSI DI BOGOR

Authors

  • Iqma Sabariah
  • Syaiful Syaiful
  • Noor Ida Hayati

DOI:

https://doi.org/10.32832/astonjadro.v1i1.782

Keywords:

Variabel CPM, PDM, PERT dan S-Curve, Network Planning.

Abstract

Hasil pengujian reliabilitas dan validitas instrumen penelitian maka didapatkan nilai pengujian reliabilitas untuk atribut-atribut variabel CPM sebesar 0,944, variabel PDM sebesar 0,936, variabel PERT sebesar 0,991 dan untuk atribut-atribut variabel S-Curve sebesar 0,890. Nilai tersebut lebih besar dari kriteria syarat minimal sebesar 0,7 dengan demikian disimpulkan bahwa atribut-atribut variabel tersebut telah memenuhi kriteria reliabel. Hasil pengujian validitas dari semua atribut
pertanyaan dalam variabel CPM, PDM, PERT dan S-Curve telah memenuhi kriteria valid berdasarkan kriteria koefisien validitas minimal 0,3. Terpenuhinya kriteria validitas dan reliabilitas pada semua atribut variabel penelitian membuktikan bahwa data yang diperoleh sudah layak dan dapat dianalisis berikutnya.
Hasil analisis statistika uji Kruskal-Wallis dari kedua metode penjadwalan network planning dan S-Curve mengenai efektivitas penggunaannya dalam pelaksanaan proyek konstruksi yang terkait dengan penjadwalan proyek, pengendalian waktu proyek, pengendalian biaya proyek, pengambilan keputusan menyangkut waktu, biaya, dan kinerja proyek, strategi untuk mengurangi keterlambatan proyek, dan penyampaian dalam proposal penawaran proyek kontraktor. Efektivitas untuk metode SCurve berbeda dan penggunaannya relatif tinggi, untuk metode network planning CPM dan PDM dikelompokkan sama (tidak ada perbedaan) dan penggunaannya masih relatif rendah sementara itu
metode PERT penggunaannya masih relatif sangat rendah dan berbeda. Penggunaan metode SCurve paling baik dibandingkan ketiga metode network planning lainnya, dalam penggunaan metode network planning sendiri, metode PDM dan CPM dianggap lebih baik dari metode PERT.

References

Azwar, Saifuddin. 2008. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Danfar.2009.Definisi/PengertianEfektifitas.___,___http://dansite.wordpress.com/2009/03/28/ pengertianefektifitas/. (21 Nopember 2010).

Dewi, Resty Nur Utami. 2008. Analisis Penggunaan Network Planning Dalam Perencanaan Waktu Penyelesaian Proyek Dan Total Biaya Tenaga Kerja Pada PT Prima Cipta Lestarindo. Bandung: Fakultas Bisnis dan Manajemen Universitas Widyatama.

Ervianto, Wulfram I. 2002. Manajemen Proyek Konstruksi (Edisi Revisi). Yogyakarta: Andi.

Haryadi, Eri Susanto. 2009. Handout Mata Kuliah Perencanaan Waktu dan Biaya Proyek. Bogor: Fakultas Teknik Universitas Ibn Khaldun Bogor.

Husen, Abrar. 2008. Manajemen Proyek (Perencanaan, Penjadwalan dan Pengendalian Proyek). Yogyakarta: Andi.

Latief, Yusuf. 2002. Handout Konsep Penjadwalan dan Diagram Batang (Gantt Charts/Bar Charts). Depok: Universitas Indonesia.

Latief, Yusuf. 2007. Handout Lingkup Pengetahuan Kopetensi Seorang Manajer Proyek Konstruksi. Depok: Universitas Indonesia.

Nazir, Moh. 1988. Metode Penelitian. ___: ___.

Nugroho, Aryo Andri. 2007. Optimalisasi Penjadwalan Proyek Pada Pembangunan Gedung Khusus (Laboratorium) Stasiun Karantina Ikan Kelas 1 Tanjung Mas Semarang. Semarang: Fakultas MIPA Universitas Negeri Semarang.

Project Management Institute. 2008. A Guide To The Project Management Body Of Knowledge (PMBOK® Guide) - Fourth Edition. Pennsylvania: Project Management Institute Inc.

Sigel, Sidney. 2005. Statistik Non Parametrik Untuk Ilmu-ilmu Sosial. Jakarta: Gramedia.

Soeharto, Iman. 1999. Manajemen Proyek: Dari Konseptual Sampai Operasional (Jilid 1 Konsep, Studi Kelayakan, dan Jaringan Kerja). Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. 2010. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Starawaji.2009. Pengertian Efektifitas. ___,___ http://starawaji.wordpress.com/2009/05/01/pengertian-efektivitas/. (21 Maret 2011).

Downloads

Published

2020-01-15

How to Cite

Sabariah, I., Syaiful, S., & Ida Hayati, N. (2020). ANALISIS METODE NETWORK PLANNING DAN S-CURVE PROYEK KONSTRUKSI DI BOGOR. ASTONJADRO, 1(1), 28–34. https://doi.org/10.32832/astonjadro.v1i1.782

Issue

Section

Articles