STUDI KASUS TENTANG TINGKAT KEBISINGAN YANG DITIMBULKAN KENDARAAN BERMOTOR DI BOGOR (Kajian di Depan Rumah Sakit Azra Jalan Pajajaran Kota Bogor)
DOI:
https://doi.org/10.32832/astonjadro.v1i1.785Keywords:
Tingkat Kebisingan, Analisis Statistik, Ambang Batas Minimal.Abstract
Letak komplek RS. Azra berada dipinggiran Jalan Pajajaran yang dahulunya merupakan perluasan dan peningkatan dari Klinik Bersalin Azra lokasi di Jalan Gunung Gede No. 3, tidak jauh dari lokasi RS Azra saat ini. Klinik bersalin Azra yang didirikan dan dipimpin oleh Dr. Hidayat Danukusumah,SpOG pada awal tahun 1972. Karena banyaknya permintaan dari pasien dan keluarganya agar mereka bisa mendapatkan pelayanan kesehatan yang dibutuhkan selain dari pelayanan kebidanan dan penyakit kandungan. RS. Azra didirikan karena para pendiri merasakan adanya suatu peningkatan kebutuhan masyarakat Bogor dan sekitarnya akan suatu sistem pelayanan kesehatan yang memadai. (Sumber www.//rs.azra.bogor). Berdasarkan hasil diatas maka dimasukkan variabel dengan menggunakan program SPSS versi 11 untuk menentukan bahwa hasil terbaik dari hasil data diatas akan ditampilkan dalam bentuk persamaan yang nantinya berfungis sebagai parameter yang termasuk dalam analisis statistik dengan
koefisien korelasi > 0,60 %. Berdasarkan hasil perhitungan jarak 48,45 meter dengan tingkat ketelitian uji t hitung = 4,094 > t tabel 1,725 (terpenuhi) dan F hitung = 4,231 > F tabel = 4,41 (terpenuhi) dengan persamaannya y = 48,537+0,0037x3. Hal ini menyebabakan bahwa hasil dari masing-masing
perhitungan statistik tingkat kebisingannya adalah 53,72 dBA. Ambang batas minimal kebisingan untuk rumah sakit dan sejenisnya 55 dBA Surat Keputusan Menteri Lingkungan Hidup Republik Indonesia No. 48 tahun 1996. Berarti untuk RS Azra tingkat kebisingannya sudah memenuhi standar yang diijinkan.
References
Abubakar I, Yani A, Sutiono E, (1995), Menuju Lalu Lintas dan Angkutan Jalan yang Tertib, Penerbit Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Jakarta.
Aslam M, (1997), Sistem Transportasi, Penerbit Universitas Gunadarma, Jakarta.
______________, (1990), Panduan Survei dan Perhitungan Waktu Perjalanan Lalu Lintas,
Direktorat Pembinaan Jalan Direktorat Jenderal Bina Marga departemen Pekerjaan Umum, Jakarta.
http//:rs.azra.bogor.download.tanggal 12-10-2011.
______________, (1983), Situasi Energi Angin dan Potensinya di Indonesia, Lembaga Penelitian Universitas Diponegoro, Semarang.
______________, (1997), Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI), Direktorat Jenderal Bina Marga, Departemen Pekerjaan Umum, Jakarta.
SYAIFUL, SYAIFUL (2005) ANALISIS KEBISINGAN ARUS LALU LINTAS DAN GEOMETRI JALAN DI KAWASAN SIMPANG LIMA KOTA SEMARANG. Masters thesis, program Pascasarjana Universitas Diponegoro. Diponegoro University, INSTITUTIONAL REPOSITORY.
Hendarto S, Alrasyid H, Hermawan R, (2001), Dasar-dasar Transportasi, Penerbit ITB, Bandung
(www.//rs.azra.bogor).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2017 ASTONJADRO
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Paper submitted to ASTONJADRO is the sole property of the Astonjadro Journal. Unless the author withdraws the paper because he does not want to be published in this journal. The publication rights are in the journal Astonjadro.ASTONJADRO
LICENSE
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/ASTONJADRO