EFISIENSI PENGGUNAAN PROFIL KOMPOSIT PADA JEMBATAN BENTANG 30 METER

Authors

  • Agus Aldib Mubarok

DOI:

https://doi.org/10.32832/astonjadro.v3i2.815

Abstract

Sebagaimana diketahui, jalan merupakan alat penghubung atau alat perhubungan antar daerah yang penting sekali bagi penyelenggaraan pemerintah, ekonomi, kebutuhan sosial, perniagaan, kebudayaan,dan pertahanan. Juga kita sadari betapa pentingnya transportasi bagi ekonomi dan pembangunan negara dan bangsa. Sejalan dengan kemajuan pengetahuan dan teknologi dibidang jembatan sejalan pula dengan kemajuan peradaban manusia. Maka jembatan diklasifikasikan kedalam beberapa bentuk struktur atas jembatan. Beton telah banyak dikenal dalam dunia konstruksi. Dewasa ini, dengan kemajuan teknologi beton dimungkinkan untuk memperoleh bentuk penampang beton yang beragam. Bahkan dalam kenyataan sekarang jembatan beton ini tidak hanya jembatan beton bertulang konvensional saja, tetapi telah dikembangkan berupa jembatan beton prategang.
Berdasarkan dari hasil analisa dan desain penulis mengambil keputusan bahwa jembatan komposit dengan bentang 30 meter menggunakan profil WF 800 x 300 efisien untuk digunakan.

Downloads

Published

2014-12-27

How to Cite

Aldib Mubarok, A. (2014). EFISIENSI PENGGUNAAN PROFIL KOMPOSIT PADA JEMBATAN BENTANG 30 METER. ASTONJADRO, 3(2), 52–62. https://doi.org/10.32832/astonjadro.v3i2.815

Issue

Section

Articles