ANALISIS FUNGSI DAN PELAYANAN JALAN KOTA BOGOR (Studi Kasus Ru a s Ja la n Ko t a B og o r Ke c a m at a n Ta n a h S a re a l Zo n a B)

Authors

  • Ari Gunawan

DOI:

https://doi.org/10.32832/astonjadro.v4i1.822

Abstract

Kota Bogor sebagai daerah yang berkembang menjadi kota besar membutuhkan kondisi dan pelayanan jalan yang aman dan nyaman untuk mendukung pertumbuhan perekonomian. Jalan sebagai sarana pendukung dalam tercapainya pertumbuhan roda perekonomian di Kota Bogor masih banyak permasalahan baik dari sarana maupun prasarana transportasinya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kondisi dan pelayanan jalan sesuai dengan kondisi nyata dilapangan sekarang berdasarkan arus lalu-lintas, kecepatan kendaraan, kapasitas dan derajat kejenuhan jalan. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah kurang sesuainya beberapa kondisi tata ruang dengan fungsi pelayanan jalan yang telah ditetapkan pemerintah daerah hal ini mengacu pada salah satu persyaratan fungsi pelayanan jalan dimana kecepatan tidak memenuhi persyaratan minimal. Berdasarkan hasil dan pembahasan pada ruas jalan Kota Bogor Kecamatan Tanah Saeral zona-B dapat disimpulkan jalan yang memiliki tingkat pelayanan B, dengan Q/C rasio terendah 0,367 pada jalan Taman Cimanggu, dan Q/C rasio tertinggi 0,83 pada jalan Sholeh Iskandar I & II. Kecepatan kendaraan pada ruas jalan Kota Bogor Kecamatan Tanah Sareal zona-B yang memiliki kecepatan tertinggi yaitu jalan Sholeh Iskandar I sebesar 40,89 km/jam dan kecepatan terendah yaitu jalan Taman Cimanggu sebesar 25,22 km/jam.

Downloads

Published

2020-01-15

How to Cite

Gunawan, A. (2020). ANALISIS FUNGSI DAN PELAYANAN JALAN KOTA BOGOR (Studi Kasus Ru a s Ja la n Ko t a B og o r Ke c a m at a n Ta n a h S a re a l Zo n a B). ASTONJADRO, 4(1), 48–53. https://doi.org/10.32832/astonjadro.v4i1.822

Issue

Section

Articles