Evaluasi Program untuk Pengembangan Literasi Qur'an Komunitas Pedagang Asongan di Kota Tegal Menggunakan Model Evaluasi CIPP

Authors

  • Mohammad Taufik Hidayatulloh Kemenag Kab. Bogor
  • Silva Aulia Silsa Salsa Billa Mahasiswa BPI, UIN Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32832/djip-uika.v1i3.5365

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini untuk menganalisis: 1) konteks program BTQ, 2) masukan program BTQ, 3) proses program BTQ, dan 4) hasil program BTQ. Pendekatan penelitian yang digunakan kualitatif dengan metode deskriptif. Informan penelitian terdiri dari guru BTQ, peserta program, dan perwakilan pihak TBM Sakila Kerti. Teknik pengambilan informasi menggunakan purposive sampling. Model evaluasi yang digunakan adalah CIPP (context, input, process, product). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) konteks menunjukkan program BTQ yang diselenggarakan oleh TBM Sakila Kerti sejalan dengan kebutuhan komunitas pedagang asongan, (2) masukan program, konsep kurikulum program BTQ disusun secara mandiri dengan melihat kebutuhan komunitas pedagang asongan dan tujuan program, (3) proses program, jadwal pelaksanaan program berjalan secara rutin, media pembelajaran cukup beragam, metode yang digunakan disesuaikan dengan kebutuhan sasaran yang selama ini sudah berjalan baik, dan (4) hasil program, dilihat pada tataran kognitif, afektif dan psikomotorik menunjukkan bahwa hasil program BTQ baik akan tetapi perlu ditingkatkan kembali agar tujuan-tujuan yang belum tercapai dapat tercapai. Kata Kunci: Evaluasi Program, Baca Tulis Al-Qur'an, Komunitas Pedagang Asongan ABSTRACT The purpose of this program is to eradicate illiteracy in the Qur'an because there are still many target audiences of Muslims who are not able to read and write the Qur'an. Therefore, it is important and interesting to conduct an evaluation study of the Al-Qur'an reading and writing program at TBM. The purpose of this study is to analyze: 1) the context of the BTQ program, 2) the input of the BTQ program, 3) the process of the BTQ program, and 4) the results of the BTQ program. The research approach used is qualitative with descriptive method. Research informants consisted of BTQ teachers, program participants, and representatives of TBM Sakila Kerti. Information retrieval technique using purposive sampling. The evaluation model used is CIPP (context, input, process, product). The results of this study indicate that: (1) the context shows that the BTQ program organized by TBM Sakila Kerti is in line with what is required by the community. the hawker community, (2) program input, the concept of the BTQ program curriculum is prepared independently by looking at the needs of the hawker community and program objectives, (3) the program process, the program implementation schedule runs regularly, the learning media is expected to be more diverse, the methods used are adjusted to the needs of the target which has been going well so far. Keywords: Program Evaluation, Reading and Writing of the Qur'an, Community of Peddlers

References

Arikunto, Suharsimi. (1993). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamka. (1982). Tafsir Al-Azhar Jilid I. Singapura: Pustaka Nasional PTE LTD.

Kementerian Agama Kantor Wilayah Provinsi Jawa Tengah. (2020). Upaya TBM Sakila Kerti Memberantas Buta Aksara Al-Qur'an. https://jateng.kemenag.go.id/warta/berita/detail/upaya-tbm-sakila-kerti-memberantas-buta-aksara-alqur'an. Diakses pada hari Kamis, 4 Februari 2021 pukul 16.59 WIB.

Kusuma, Mochtar. (2016). Evaluasi Pendidikan: Pengantar. Kompetensi, dan Implementasi. Yogyakarta: Penerbit Parama Ilmu.

Mahmudi, Ihwan. (2011). CIPP: Suatu Model Evaluasi Program Pendidikan. Jurnal At-Ta'dib. Vol. 6 No. 1. 112-125.

Mulyatiningsih, Endang. (2011). Riset Terapan Bidang Pendidikan & Teknik. Yogyakarta: UNY Press.

Ningrum, Ayu Puspita, NurAini Dewi, Isna Apriyanti, dan Roswita Rahmadhani Tambunan. (2020). Mengenal Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur'an. Jurnal Pendidikan dan Sastra Arab. Vol. 6 No. 1. 51-56.

Poerwadarminta, W.J.S. (1999). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Prastowo, Andi. (2011). Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Yogyakarta: Arruz Media.

Saddang, Muhammad, Achmad Abubakar, dan Munir. (2018). Implementasi Metode Dirosa Dalam Pembelajaran Al-Qur'an Dewan Pimpinan Daerah Wahdah Islamiyah Makassar. Jurmal Diskursus Islam. Vol. 06 No. 3. 481-500.

Salim dan Syahrum. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif Konsep dan Aplikasi dalam Ilmu Sosial, Keagamaan, dan Pendidikan. Bandung: Citapustaka Media.

Stufflebeam, Daniel L & Guili Zhang. (2017). The CIPP Evaluation Model: How to Evaluate for Improvement and Accountability. New York: The Guilford Press.

Sudjana, Djudju. (2008). Evaluasi Program Pendidikan Luar Sekolah: Untuk Pendidikan Nonformal dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tri Junari. (2020). Setengah Muslim di Indonesia Buta Aksara Al-Qur'an. https://m.ayobandung.com/read/2020/03/01/81096/setengah-muslim-indonesia-buta-aksara-alquran. Diakses pada Senin, 24 Agustus 2020 pukul 09.48 WIB.

Wati, Ega Rima. (2016). Ragam Media Pembelajaran: Visual – Audio Visual – Komputer – Power Point – Internet – Interactive Video. Jakarta: Kata Pena.

Wibowo, Istiqomah, Dicky C. Pelupessy, Erita Narhetali, dan Fairuziana. (2007). Psikologi Komunitas. Jakarta: Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi (LPSP3).

Wijayanti, Nova Indah, Rita Yulianti, dan Bagus Wijaya. (2019). Evaluasi Program Pendidikan Pemakai Dengan Model CIPP di Perpustakaan Fakultas Teknik UGM. Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi. Vol. 3 No. 1. 38-65.

Wirawan. (2016). Evaluasi: Teori, Model, Metodologi, Standar, Aplikasi, dan Profesi. Jakarta: Rajawali Pers.

Yayasan Penyelenggara Penerjemah/Penafsir Al-Qur'an Depag RI. (1481 H). Al-Qur'an dan Terjemah Mujamma' Al malik fahd Al-Mushaf. Madinah: Munawwarah.

Downloads

Published

2021-12-01

How to Cite

Hidayatulloh, M. T., & Salsa Billa, S. A. S. (2021). Evaluasi Program untuk Pengembangan Literasi Qur’an Komunitas Pedagang Asongan di Kota Tegal Menggunakan Model Evaluasi CIPP. Diversity: Jurnal Ilmiah Pascasarjana, 1(3). https://doi.org/10.32832/djip-uika.v1i3.5365