Efektivitas Strategi Pengembangan dan Inovasi Media Pendidikan Kesehatan di Puskesmas Pasir Mulya

Authors

  • Andreanda Nasution Universitas Ibn Khaldun
  • Siti Mariyamah Universitas Ibn Khaldun
  • Kinkin Alpiandra Saputra Universitas Ibn Khaldun

DOI:

https://doi.org/10.32832/educate.v7i2.7397

Keywords:

Pendidikan, Kesehatan, Pengembangan Media

Abstract

Kader kesehatan sebagai sumber informasi bagi masyarakat berperan penting sebagai aset dalam membentuk perilakunya khususnya di bidang kesehatan dalam keakuratan informasi yang diterima oleh masyarakat. Mengembangkan media promosi kesehatan sebagai layanan kesehatan masyarakat selama pandemi Covid 19, kader membutuhkan banyak pelatihan untuk mengembangkan pengetahuan, pengalaman, dan keterampilan kader. Tidak hanya keberhasilan penjangkauan, tetapi juga keterampilan kader kesehatan untuk menginformasikan (Kementerian Kesehatan RI, 2018). Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk menganalisis efektivitas pengembangan media dalam bentuk video dengan perancangan model pendidikan tentang peningkatan keterampilan kader kesehatan dalam penggunaan media untuk menyampaikan informasi yang berbasis pemberdayaan masyarakat sehingga mampu meningkatkan Pengetahuan, Perubahan Sikap dan prilaku Kesehatan. Metode Kuantitatif dengan design Chisquare. Hasil penelitian dapat membentuk suatu model pendidikan Promosi Kesehatan yaitu media dalam bentuk video tentang media pendidikan yang diterapkan. Media dan metode tersebut dapat meningkatkan hasil belajar berupa pengetahuan dan keterampilan dalam penyuluhan kader kesehatan dan masyarakat sehingga secara tidak langsung dapat membantu program pemerintah dalam pemberdayaan masyarakat.

References

Ariyani, L. D., Pertiwi, F. D., & Sari, M. M. (2019). Pengaruh Media Leaflet Mengenai Gizi Balita Terhadap Pengetahuan Ibu Di Desa Gunung Sari Kecamatan Pamijahan Kabupaten Bogor Tahun 2018. Promotor, 2(3), 199. https://doi.org/10.32832/pro.v2i3.1937

Dahlia, M., Rusilanti, R., Sachriani, S., & Riska T., N. (2016). Pengembangan Media DVD Interaktif dan Video tentang Menu Sehat Seimbang Balita untuk Kader Posyandu. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 23(1), 40. https://doi.org/10.21831/jptk.v23i1.9353

Khodijah, S., Syari, W., & Raharyanti, F. (2021). Analisis Implementasi Penemuan Dan Tatalaksana Pneumonia Pada Program Infeksi Saluran Pernapasan Akut Di Puskesmas Ciampea Tahun 2020. Promotor, 5(1), 75. https://doi.org/10.32832/pro.v5i1.6130

Masitha Arsyati, A., & Krisna Chandra, V. (2020). Assesment Kesiapan Kader Posyandu Dalam Pelatihan Penggunaan Media Online. Hearty, 8(1), 27–32. https://doi.org/10.32832/hearty.v8i1.3635

Nurrahman, F. S., & Armiyati, Y. (2017). Optimalisasi Status Kesehatan Remaja Melalui Pelatihan Kader Remaja Peduli Kesehatan. Prosiding Seminar Nasional Universitas Muhamadyah Semarang, 20–24.

Prasetya, E. P. (2020). 10 Characteristics of SMK Teachers in the Industrial Era 4.0 (Case Study at SMK Bina Profesi Bogor). Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(1), 50–55. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v4i1.297

Sa'adah, S., Khodijah Parinduri, S., & Dwimawati, E. (2021). Analisis Pelaksanaan Program Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular Di Wilayah Kerja Puskesmas Cibungbulang Tahun 2019-2020. Promotor, 4(2), 161. https://doi.org/10.32832/pro.v4i2.5582

Wahyuni, S., Mose, J. C., & Sabarudin, U. (2019). Pengaruh pelatihan kader posyandu dengan modul terintegrasi terhadap peningkatan pengetahuan, sikap dan keikutsertaan kader posyandu. Jurnal Riset Kebidanan Indonesia, 3(2), 95–101. https://doi.org/10.32536/jrki.v3i2.60

Yunia, R. D., & Raraningrum, V. (2020). Pengaruh Pendidikan Kesehatan terhadap Peran Kader dalam Pelaksanaan Post Natal Care (PNC) di Wilayah Kerja Puskesmas Kalibaru Kulon. Jurnal Ilmiah Kesehatan Rustida, 7(2), 105–124. https://doi.org/10.55500/jikr.v7i2.106

Downloads

Published

11-07-2022

How to Cite

Nasution, A., Mariyamah, S., & Saputra, K. A. (2022). Efektivitas Strategi Pengembangan dan Inovasi Media Pendidikan Kesehatan di Puskesmas Pasir Mulya. Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(2), 189–197. https://doi.org/10.32832/educate.v7i2.7397

Issue

Section

Artikel

Most read articles by the same author(s)