Pengembangan Pembelajaran Online Dengan Nine Events Of Instruction Untuk Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas 8

Authors

  • Harun Suaidi Isnaini Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Muktiono Waspodo Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/educate.v7i2.7852

Keywords:

Pembelajaran Online, Pengembangan Model, Nine Events of Instruction, Model Pembelajaran, Bahasa Inggris

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan untuk mengembangkan pembelajaran online untuk mata pelajaran Bahasa Inggris kelas 8. Masalah dalam penelitian ini dirumuskan sebagai berikut: (1). Bagaimana mengembangkan model pembelajaran online dengan nine events untuk mata pelajaran Bahasa Inggris? (2). Bagaimana kelayakan model pembelajaran online dengan nine events untuk mata pelajaran Bahasa Inggris? (3). Bagaimana efektivitas model pembelajaran online dengan nine events untuk mata pelajaran Bahasa Inggris?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 35 siswa yang dipilih dengan teknik simple random sampling. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Data dalam penelitian ini diambil melalui teknik gabungan dari kuis, penugasan, kuesioner, dan wawancara. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh tingkat efektivitas sebesar 60% untuk aspek kognitif, 77,14% untuk aspek afektif, dan 80% untuk aspek psikomotor. Dengan demikian, model pembelajaran yang dikembangkan mencapai tingkat kualifikasi cukup efektif untuk aspek kognitif, efektif untuk aspek afektif, dan sangat efektif untuk aspek psikomotor.

References

Adijaya, Nuryansyah, and Lestanto Pudji Santosa. 2018. "Persepsi Mahasiswa Dalam Pembelajaran Online.” Wanastra 10 (2): 106–10.

Arikunto, Suharsimi. 2018. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Belawati, Tian. 2019. Pembelajaran Online. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Chaeruman, Uwes Anis, and Santi Maudiarti. 2018. "Quadrant of Blended Learning : A Proposed Conceptual Model Jurnal Pembelajaran Inovatif Quadrant of Blended Learning : A Proposed Conceptual Model for Designing Effective Blended Learning.” Jurnal Pembelajaran Inovatif 1 (February): 1–5. https://doi.org/10.21009/JPI.011.01.

Chairiyani, Rina Patriana. 2013. "Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk Bisnis Melalui E-Learning.” HUMANIORA 4 (45): 1074–82.

Gagne, Robert M., Leslie J. Briggs, and Walter W. Wager. 1992. Principes of Instructional Design. Harcourt Brace College. Fourth Edi. Forth Worth.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2020. "Analisis Survei Cepat Pembelajaran Dari Rumah Dalam Masa Pencegahan COVID-19.”

Khusniyah, Nurul Lailatul, and Lukam Hakim. 2019. "Efektfitas Pembelajaran Berbasis Daring: Sebuah Bukti Pada Pembelajaran Bahasa Inggris.” Jurnal Tatsqif: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan 17 (1): 19–33. https://doi.org/https://doi.org/10.20414/jtq.v17i1.667.

Kusmana, Ade. 2011. "E-Learning Dalam Pembelajaran.” Lentera Pendidikan 14 (1): 35–51.

Laili, Roudlotun Nurul, and Muhammad Nashir. 2021. "Higher Education Students' Perception on Online Learning during Covid-19 Pandemic.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 3 (3): 689–97. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.422.

Long, Michael. 2015. Second Language Acquisition and Task-Based Language Teaching.

Muthoharoh, Nurul Badriyatul. 2017. "Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif ‘Think Pair Share (TPS)' Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris.” SAP 2 (1): 33–42.

Octaberlina, Like Raskova, and Afif Ikhwanul Muslimin. 2020. "EFL Students Perspective towards Online Learning Barriers and Alternatives Using Moodle / Google Classroom during COVID-19 Pandemic.” International Journal of Higher Education 9 (6): 1–9. https://doi.org/10.5430/ijhe.v9n6p1.

Pritakinanthi, Arlitya Stri. 2017. "Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan ISpring Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas VIII SMP Negeri 37 Semarang.”

Putra, Nusa. 2011. Research & Development Penelitian Dan Pengembangan: Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Pers.

Rosnaningsih, Asih, Dwi Nur Faridah, and Nuri Fitriyani. 2020. "Penggunaan Strategi Concept Cartoon Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris SDN Bencongan 1 Kabupaten Tangerang.” Jurnal Penelitian, Pendidikan, Dan Pengajaran 1 (1): 1–7. https://doi.org/10.3059/jppp.v1i1.3955.

Rusman, Deni Kurniawan, and Cepi Riyana. 2011. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi: Mengembangkan Profesionalitas Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Su, Bude, Curtis J. Bonk, Richard J Magjuka, Xiaojing Liu, and Seung-hee Lee. 2005. "The Importance of Interaction in Web-Based Education : A Program-Level Case Study of Online MBA Courses.” Journal of Interactive Online Learning 4 (1): 1–19.

Sudjana, Nana. 1994. Teknik Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualtatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susilo, Yohanes Enggar. 2020. "Kurikulum Darurat, Sekolah Bisa Pilih 3 Opsi Kurikulum Ini.” Kompas. 2020. https://edukasi.kompas.com/read/2020/08/08/114558171/kurikulum-darurat-sekolah-bisa-pilih-3-opsi-kurikulum-ini?page=all.

Waspodo, Muktiono. 2020. "PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID 19.” Puslitjak, Balitbang dan Perbukuan, Kemendikbud.

Downloads

Published

26-07-2022

How to Cite

Isnaini, H. S., & Waspodo, M. (2022). Pengembangan Pembelajaran Online Dengan Nine Events Of Instruction Untuk Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas 8. Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(2), 289–300. https://doi.org/10.32832/educate.v7i2.7852

Issue

Section

Artikel