Pengembangan Kompetensi Peserta Didik Dalam Kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL) Dimasa Pandemi

Authors

  • Taufik Rusmayana Universitas Ibnu Khaldun Bogor
  • Zainal Abidin Arief Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/educate.v7i2.7845

Keywords:

Pengembangan, ADDIE, PEDATI

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan atau dikenal dengan Research and Development (R&D), tujuan penelitian ini adalah mengembangkan kompetensi siswa dalam kegiatan PKL yang sudah berjalan sebelum pandemik, dan dapat berjalan didalam keterbatasan pergerakan peserta didik untuk melaksanakan PKL walaupun tidak dilaksanakan diperusahan dan dunia industri dimasa pandemi seperti saat ini, agar esensi dari kompetensi lulusan smk dapat dimiliki pada setiap peserta didik dengan mengembangan kompetensi peserta didik pada program PKL berbasis blended learning di SMK PGRI Karisma Bangsa. Desain pengembangan penelitian menggunakan desain ADDIE dengan pembelajaran blended learning yang merupakan penggabungan pembelajaran sinkron dan asinkron yang dirancang secara khusus yang diintegrasikan dengan model pembelajaran PEDATI menggunakan aplikasi Google Classroom. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI TKJ SMK PGRI Karisma Bangsa.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) uji ahli materi berada pada kategori baik (85,5%), (2) uji ahli media pembelajaran berada pada kategori baik (83%), (3) uji ahli desain pembelajaran berada pada kategori baik (86%), uji coba perorangan berada pada kategori sangat baik (94%), uji kelompok kecil berada pada kategori sangat baik (91%), uji coba lapangan atau kelompok besar berada pada kategori sangat baik (92%).

References

Chaeruman, U. A. (2017a). Alur Belajar: Meningkatkan Interaktivitas Pembelajaran Daring. Seminar Dan Lokakarya Pembelajaran Daring Di Perguruan Tinggi Kementerian Riset, Teknologi, Dan Pendidikan.

Chaeruman, U. A. (2017b). PEDATI model desain sistem pembelajaran blended. Direktorat Pembelajaran Kementrian Riset, Teknologi Dan Pendidikan Tinggi.

Dick, W., Carey, L., & Carey, J. O. (2013). A model for the systematic design of instruction. Instructional Design: International Perspectives: Theory, Research, and Models, 1, 361–370.

Grabowski, S., & Branch, R. (2003). Teaching & Media: A Systematic Approach. The Gerlach& Ely Model,[Online], EDIT, 6180.

Hamalik, O. (2020). Kurikulum dan pembelajaran. Bumi Aksara.

Krahnke, K. (1987). Approaches to Syllabus Design for Foreign Language Teaching. Language in Education: Theory and Practice, No. 67. ERIC.

Mulyasa, E. (2002). Kurikulum Berbasis kompetensi konsep, karakteristik, dan implementasi.

Munandar, U. (2012). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Mursid, R. (2013). Pengembangan model pembelajaran praktik berbasis kompetensi berorientasi produksi. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 5(1).

Natty, R. A., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Peningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 1082–1092.

Nordhaug, O. (1998). Competence specificities in organizations: a classificatory framework. International Studies of Management & Organization, 28(1), 8–29.

Prawiradilaga, D. S. (2015). Prinsip desain pembelajaran. Kencana.

Sari, A. Y., & Zulfah, U. (2017). Implementasi Pembelajaran Project Based Learning untuk Anak Usia Dini. MOTORIC, 1(1), 10.

Siregar, E., & Hadiansyah, T. (2018). Pedoman Pelaksanaan Evaluasi Media Pembelajaran. UNJ Press.

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.

Sugiyono, M. (2019). penelitian & pengembangan (Research and Development/R&D). Bandung: Penerbit Alfabeta.

Wena, M. (1996). Pendidikan Sistem Ganda. Bandung: Tarsito.

Widiati, U. (n.d.). Kurikulum dan Silabus.

Downloads

Published

26-07-2022

How to Cite

Rusmayana, T., & Arief, Z. A. (2022). Pengembangan Kompetensi Peserta Didik Dalam Kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL) Dimasa Pandemi. Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(2), 301–316. https://doi.org/10.32832/educate.v7i2.7845

Issue

Section

Artikel