PENGGUNAAN MEDIA KOTAK-KOTAK BANGUN RUANG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK TENTANG MATERI PERBANDINGAN DI KELAS V SDN JULANG KOTA BOGOR

Authors

  • Siti Nur Hamidah SDN Julang Kota Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/educate.v4i1.1683

Abstract

Penelitian ini beranjak dari fenomena yang terjadi di kelas bahwa rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajarn matematika tentang materi perbandingan/ratio. Oleh karena itu seorang guru perlu mempertimbangkan penggunaan media pembelajarn yang tepat sehingga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan: 1) mengetahui efektifitas penggunaan media pembelajaran berupa kotak-kotak bangun ruang dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematikan tentang materi perbandingan di kelas V SDN Julang semester 1 tahun pelajaran 2017/2018. 2) mendeskripsikan proses peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika tentang materi perbandingan di kelas V SDN Julang semester 1 tahun pelajaran 2017/2018, 3) mengukur besarnya peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika tentang materi perbandingan melalui penggunaan media kotak-kotak bangun ruang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan media kotak-kotak bangun ruang dapat menjadi variasi pembelajran yang menyenangkan bagi peserta didik sehingga terbukti meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas V SDN Julang Kota Bogor. Sebelum menggunakan media kotak-kotak bangun ruang, hasil belajar peserta didik hanya mencapai nilai rata-rata 50,00. Begitu pula dengan pencapaian secara klasikal hanya ada 7 orang dari 30 orang peserta didik atau sekitar 23,33% yang behasil mencapai KKM sebesar 70. Setelah digunakan media kotak-kotak bangun ruang selama proses pembelajaran, terjadi peningkatan hasil belajar di siklus I yaitu nilai rata-rata meningkat menjadi 69,00 dan peserta didik yang berhasil mencapai KKM menjadi 16 orang atau sebesar 53,55%. Di siklus II terjadi lagi peningkatan yang lebih signifikan yaitu untuk nilai rata-rata menjadi 83,67 sedangkan untuk peserta didik yang berhasil mencapai KKM menjadi sebanyak 29 orang atau sebesar 96,67%. Jika dilihat dari keaktifan peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran maka diperoleh hasil sebagai berikut pada kondisi pra siklus 26,67%, meningkat menjadi 76,67% di siklus I dan menjadi 100% di siklus II. Berdasarkan penjelasan di atas, peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran dapat menciptakan situasi belajar yang menyenangkan sehingga terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik. Oleh karena itu, peneliti menyarakan agar penggunaan media kotak-kotak bangun ruang disosialisasikan dan digunakan sebagai alternarif dalam proses pembelajaran matematika pada materi perbandingan di sekolah-sekolah di lingkungan Dinas Pendidikan Kota Bogor

Downloads

Published

01-01-2019

How to Cite

Hamidah, S. N. (2019). PENGGUNAAN MEDIA KOTAK-KOTAK BANGUN RUANG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK TENTANG MATERI PERBANDINGAN DI KELAS V SDN JULANG KOTA BOGOR. Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan, 4(1), 18–24. https://doi.org/10.32832/educate.v4i1.1683

Issue

Section

Artikel