PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS

Authors

  • Yudhi Nugraha TP S2 UIKA
  • Zainal Abidin Arief

DOI:

https://doi.org/10.32832/educate.v4i2.2153

Keywords:

Model Pembelajaran, Kemandirian Belajar, Hasil Belajar Bahasa Inggris.

Abstract

Berdasarkan data yang diperoleh dari survei awal yang peneliti lakukan pada bulan Juni tahun 2017 di kelas X program Multi Media SMK Informatika Bina Generasi Kota Bogor, ditemukan hasil belajar Pelajaran Bahasa Inggris siswa semester ganjil tahun ajaran 2016/2017memperoleh hasil yang kurang memuaskan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1)Apakah terdapat perbedaan hasil belajar Bahasa Inggris dengan menggunakan  model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dan model kooperatif tipe Learning Start With A Question (2)Apakah terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan kemandirian belajar terhadap hasil belajar Bahasa Inggris ( 3)Apakah terdapat perbedaan hasil belajar Bahasa Inggris bagi peserta didik yang memiliki kemandirian tinggi dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dan Model pembelajaran kooperatif tipe Learning Start With A Question (4)Apakah terdapat perbedaan hasil belajar Bahasa Inggris bagi peserta didik yang memiliki kemandirian rendah dengan menggunakan Model Group Investigation dan Model Learning Start With A Question: (1) Model pembelajaran Group Investigation Lebih unggul dibandingkan dengan Learning Start with A Question, tampak bahwa nilai Fhitung dan sig. pada baris “Model” berturut-turut sebesar 4,420 dan 0,043.  Nilai Ftabel dengan nilai numerator 2-1 = 1 dan denominator 36-2 = 34 pada signifikansi 0,05 sebesar 4,01. Karena nilai Fhitung >Ftabel atau 4,420 > 4,01, dan nilai sig. 0,043 < 0,050 yang berarti menerima H1 dan menolak H0. Dengan demikian terdapat perbedaan Hasil belajar Bahasa Inggris pada peserta didik yang dibelajarkan dengan Model pembelajaran Group Investigation dan Model pembelajaran Learning Start with A Question dimana Hasil belajar Bahasa Inggris antara peserta didik yang menggunakan Model pembelajaran Group Investigation lebih baik daripada peserta didik yang menggunakan Model pembelajaran Learning Start wit A question.

References

Ahmad, Rohani. 2010. Pengelolaan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta

Aisyah, Siti.2008.Perbandingan Kemampuan Siswa SMP Antara yang Memperoleh Pembelajaran Matematika Melalui Model Group Investigation Dengan Model Ekspositori. Bandung:UPI

Arief, Zainal A. Metodologi Penelitian Pendidikan . Bogor. UIKA Press. 2012

Arief, Zainal A. Teknologi Kinerja dalam Proses Pembelajaran ( Bogor; UIKA Press 2012)

Arikunto, Suharsimi.2010, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Amri, Sofan. 2013. Pengembangan & Model Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013. Prestasi Pustakarya. Jakarta

Arends. 2011. dalam Trianto. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Ed ke 4. Jakarta : Kencana.

Brown, H. Douglas. 2000. Principles of Language Learning and Teaching. 4 Th Edition. New York: The Free Press.

Haris Mudjiman. 2011. Manajemen Pelatihan Berbasis Belajar Mandiri. Yogyakarta: Pustaka Pelaja

Isjoni. 2007. Cooperative Learning Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.

Mohammad, Givi Efgivia, (2008). Strategi Buku Teks dan e-learning untuk Mata Kuliah Sistem Informasi Manajemen. Jakarta: Humas UNJ

Nana Sudjana. 2002. Metode Statistika. Bandung: Tarsito

Nana Sudjana 2010. Dasar-dasar Proses Belajar, Sinar Baru Bandung

Downloads

Published

05-08-2019

How to Cite

Nugraha, Y., & Arief, Z. A. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS. Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan, 4(2), 73–84. https://doi.org/10.32832/educate.v4i2.2153

Issue

Section

Artikel