PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS

Yudhi Nugraha, Zainal Abidin Arief

Abstract


Berdasarkan data yang diperoleh dari survei awal yang peneliti lakukan pada bulan Juni tahun 2017 di kelas X program Multi Media SMK Informatika Bina Generasi Kota Bogor, ditemukan hasil belajar Pelajaran Bahasa Inggris siswa semester ganjil tahun ajaran 2016/2017memperoleh hasil yang kurang memuaskan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1)Apakah terdapat perbedaan hasil belajar Bahasa Inggris dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dan model kooperatif tipe Learning Start With A Question (2)Apakah terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan kemandirian belajar terhadap hasil belajar Bahasa Inggris ( 3)Apakah terdapat perbedaan hasil belajar Bahasa Inggris bagi peserta didik yang memiliki kemandirian tinggi dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dan Model pembelajaran kooperatif tipe Learning Start With A Question (4)Apakah terdapat perbedaan hasil belajar Bahasa Inggris bagi peserta didik yang memiliki kemandirian rendah dengan menggunakan Model Group Investigation dan Model Learning Start With A Question: (1) Model pembelajaran Group Investigation Lebih unggul dibandingkan dengan Learning Start with A Question, tampak bahwa nilai Fhitung dan sig. pada baris Model berturut-turut sebesar 4,420 dan 0,043. Nilai Ftabel dengan nilai numerator 2-1 = 1 dan denominator 36-2 = 34 pada signifikansi 0,05 sebesar 4,01. Karena nilai Fhitung >Ftabel atau 4,420 > 4,01, dan nilai sig. 0,043 < 0,050 yang berarti menerima H1 dan menolak H0. Dengan demikian terdapat perbedaan Hasil belajar Bahasa Inggris pada peserta didik yang dibelajarkan dengan Model pembelajaran Group Investigation dan Model pembelajaran Learning Start with A Question dimana Hasil belajar Bahasa Inggris antara peserta didik yang menggunakan Model pembelajaran Group Investigation lebih baik daripada peserta didik yang menggunakan Model pembelajaran Learning Start wit A question.

Keywords


Model Pembelajaran ,Kemandirian Belajar, Hasil Belajar Bahasa Inggris.

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Rohani. 2010. Pengelolaan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta

Aisyah, Siti.2008.Perbandingan Kemampuan Siswa SMP Antara yang Memperoleh Pembelajaran Matematika Melalui Model Group Investigation Dengan Model Ekspositori. Bandung:UPI

Arief, Zainal A. Metodologi Penelitian Pendidikan . Bogor. UIKA Press. 2012

Arief, Zainal A. Teknologi Kinerja dalam Proses Pembelajaran ( Bogor; UIKA Press 2012)

Arikunto, Suharsimi.2010, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Amri, Sofan. 2013. Pengembangan & Model Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013. Prestasi Pustakarya. Jakarta

Arends. 2011. dalam Trianto. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Ed ke 4. Jakarta : Kencana.

Brown, H. Douglas. 2000. Principles of Language Learning and Teaching. 4 Th Edition. New York: The Free Press.

Haris Mudjiman. 2011. Manajemen Pelatihan Berbasis Belajar Mandiri. Yogyakarta: Pustaka Pelaja

Isjoni. 2007. Cooperative Learning Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.

Mohammad, Givi Efgivia, (2008). Strategi Buku Teks dan e-learning untuk Mata Kuliah Sistem Informasi Manajemen. Jakarta: Humas UNJ

Nana Sudjana. 2002. Metode Statistika. Bandung: Tarsito

Nana Sudjana 2010. Dasar-dasar Proses Belajar, Sinar Baru Bandung




DOI: http://dx.doi.org/10.32832/educate.v4i2.2153

Article Metrics

Abstract view : 72 times
PDF - 15 times

Copyright (c) 2019 Yudhi Nugraha

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Flag Counter


 
View My Stats