PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KREATIF PRODUKTIF BERBANTUAN MEDIA VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V

Authors

  • Asriani Asriani Universitas Tadulako
  • Pahriadi Pahriadi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Tadulako
  • Satria Sinta Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Tadulako

DOI:

https://doi.org/10.32832/educate.v6i1.3939

Keywords:

Model Pembelajaran Kreatif Produktif, Media Visual, Hasil Belajar Siswa.

Abstract

Pembelajaran IPA berorientasi pada kemampuan aplikatif, pengembangan kemampuan berpikir, kemampuan belajar, rasa ingin tahu, dan pengembangan sikap peduli dan bertanggung jawab terhadap lingkungan sosial dan alam. Usaha yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan suatu model pembelajaran Kreatif Produktif. Penelitian ini merupakan Penelitian eksperimen. cara pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini, diperoleh dari tes hasil belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji prasyarat hipotesis dan pengujian hipotesis. Analisis data menggunakan teknik regresi dengan aplikasi spss versi 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasilhasil uji t pada post test 46,436, nilai p = 0,000 < 0,05 sehingga hipotesis alternatif yang menyatakan terdapat pengaruh pada model pembelajaran kreatif produktif berbantuan media visual terhadap hasil belajar siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran kreatif produktif berbantuan media visual terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN 2 Kasimbar pada mata pelajaran IPA.

References

Agus, S. (2009). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Darmadi, H. (2011). Metode penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Depdiknas. (2006). Standar Kompetensi Lulusan. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.

Indrawati. (2010). Model Pembelajaran IPA Terpadu untuk SMP. Bandung: PPPPTK IPA.

Patimah. (2012). Pengaruh Penerapan Model Kreatif Produktif dan Kreativitas belajar terhadap keterampilan/kemampuan Menulis Puisi Siswa di Kelas VII SMPN 2 Sarolangun. Jurnal Pendidikan, X(2), 13–27.

Sunhaji. (2008). Strategi Pembelajaran Konsep dan Aplikasinya. Jurnal Pemikiran Alternatif Pendidikan INSANIA, 3(3), 474–492.

Supriatnoko dan Mustofa, A. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kreatif Produktif Pada Mata Kuliah Bahasa Inggris Di Politeknik Negeri Jakarta. Politeknik Negeri Jakarta.

Wena, M. (2009). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

17-12-2020

How to Cite

Asriani, A., Pahriadi, P., & Sinta, S. (2020). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KREATIF PRODUKTIF BERBANTUAN MEDIA VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V. Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(1), 1–8. https://doi.org/10.32832/educate.v6i1.3939

Issue

Section

Artikel