PENGEMBANGAN PERANGKAT PERANGKAT PEMBELAJARAN PJBL DENGAN PENDEKATAN STEM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORATIF

Authors

  • Edwardo Subagyo Universitas Negeri Surabaya
  • Mustaji Mustaji Universitas Negeri Surabaya
  • Andi Mariono Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.32832/educate.v6i1.3989

Keywords:

Project Based Learning, STEM, keterampilan Kolaboratif, ADDIE.

Abstract

Kemajuan zaman abad 21 selaras dengan adanya revolusi industri 4.0 yang dengan cepat membawa perubahan pada sektor ekonomi kratif, sains, kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, Perubahan ini menyiratkan bahwa bukan hanya dalam bidang teknologi dan komunikasi saja yang dibutuhkan, akan tetapi kemampuan bekomunikasi, kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan kolaborasi juga sangat diperlukan selain itu dalam menghadapi perubahan pesat ini selaian itu setiap individu harus dilengkapi dengan Sains, Technologhy, Engineering, and Mathematics (STEM). Pembelajaran PjBL dapat membantu mengembangkan keterampilan berkolaborasi kareana dalam sintaks pembelajaran PjBL menekankan pada pentingnya para siswa dapat berkolaborasi. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE (Analayze, Design, Developt, Implementation, dan Evaluate) penelitian ini betujuan untuk membuat perangkat project based learning dengan pendekatan STEM untuk meningkatkan keterampilan kolaboratif. Berdasarkan pada uji validasi yang dilaukan pada para ahli yakni ahli perangkat pembelajaran, ahli media dan ahli materi dinyatakan bahwa perangkat PjBL layak digunakan dalam pembalajaran untuk meningkatkan keterampilan kolaboratif.

References

Andi Prastowo. (2012). Metode Penelitian Kualitatif Dalam Prespektif Rancangan Penelitian. Jogjakarta ; Aruzzmedia

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta .

Bloom, B. S. (1964). Taxonomy of Educational Objective Book 2: Affective Domain. London: Longmans Green & Co.Ltd.

Branch, R. M. (2009). Instructional Design : The ADDIE Approach. USA: University of Geogia.

Brown, R. B. (2011). Understanding STEM Current. Technologhy and Engineering Teacher.

Ibrahim. (2007). Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung : Sinar Baru.

Kelley, T. R. (2016). A concptual Framework for Integrated STEM. International Journal of STEM Education. Springer.

NRC. (2014). STEM Integration in K-12 Education : Status, Prospect, and An Agenda for. Washington, DC: The National Academies of Science.

Sanders, M. (2009). STEM, STEM Education, STEM Mania. The Technologhy Teacher.

Sanjaya. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran (Teori dan Praktik Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) . jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sudjana, N. (2005). Dasar – Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung. : Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian kuanti tatif dan kualitatif R & D. Jakarta: alfabeta.

Tresna Dermawan, d. (2008). Buku Panduan Pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi Perguruan Tinggi. Jakarta: Ditjen Dikti.

Trianto., A.-t. (2014). Mendesaian Model Pembelajaran Inovatic, Progresif dan Kontekstual. Surabaya: Prenadamedia Group.

Tsupros. N., R. K. (2009). STEM Education ; A Project to Identify The Missing Components. A Collaborartive study conducted by the IU1 Center for STEM Education and Carnegie. Mellon University.

Wena, M. (2011). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional . Jakarta : Bumi Aksara.

Yusuf, S. (2007). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Zuhdan, d. (2011). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Sains Terpadu Untuk Meningkatkan Kognitif, Keterampilan Proses, Kreativitas serta. Program Pascasarjana UNY.

Downloads

Published

22-01-2021

How to Cite

Subagyo, E., Mustaji, M., & Mariono, A. (2021). PENGEMBANGAN PERANGKAT PERANGKAT PEMBELAJARAN PJBL DENGAN PENDEKATAN STEM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORATIF. Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(1), 34–41. https://doi.org/10.32832/educate.v6i1.3989

Issue

Section

Artikel