PENGARUH STRATEGI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP KREATIVITAS DESAIN LOGO DIMASA PANDEMI

Authors

  • Fauziah Rayhani Universitas Negeri Surabaya
  • Yatim Riyanto Universitas Negeri Surabaya
  • Fajar Arianto

DOI:

https://doi.org/10.32832/educate.v6i1.4105

Keywords:

contextual teaching and learning, kreativitas, desain logo.

Abstract

Ragam desain logo produk saat ini mulai berkembang pesat seiring majunya teknologi informasi dan ekonomi digital. Selain sebagai identitas, logo produk berperan penting dalam pemasaran guna menarik konsumen. Penelitian ini disusun atas dasar kurangnya pemahaman siswa dalam mengaitkan materi yang dipelajari dengan mempraktikan sendiri materi pelajaran yang didapatkan agar lebih bermakna sehingga hasil desain lebih variatif (tidak monoton), orisinil dan memiliki standar sesuai kebutuhan pasar. Tujuan riset ilmiah ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi contextual teaching and learning terhadap kreativitas dan hasil belajar siswa menengah kejuruan kelas X pada mata pelajaran dasar desain grafis.

Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan pola rancangan nonequivalent control group design menggunakan pretest-posttest. Subjek penelitian berjumlah 140 siswa di dua sekolah menengah kejuruan Kota Gresik. Sampel yang dipakai adalah siswa kelas X Multimedia 1 untuk kelas eksperimen dan kelas X Multimedia 2 untuk kelas kontrol sebagai objek penelitian, dengan jumlah siswa dari masing-masing kelas terdiri dari 35 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen rubrik penilaian kreativitas dan tes hasil belajar. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan t-test.

Hasil penelitian yang dianalisis menggunakan program SPSS menunjukkan adanya pengaruh strategi contextual teaching and learning terhadap kreativitas dan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen. Hasil perolehan menunjukkan bahwa strategi contextual teaching and learning memiliki perbedaan mean lebih besar dibandingkan dengan model task based learning yang digunakan oleh guru sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil tersebut, disarankan kepada pendidik untuk menggunakan contextual teaching and learning sebagai salah satu pilihan strategi pembelajaran pada mata pelajaran dasar desain grafis khususnya untuk mengoptimalkan aspek kreativitas siswa.

References

Alma, B. 2016. Kewirausahaan (Edisi Revisi). Bandung: Alfabeta.

Apilia, A. 2019, Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Mengetahui Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Kreativitas Peserta Didik Pada Materi Desain Prototype Kemasan Produk Di SMK Negeri 2 Cilaku, S1 thesis pada Program Studi Pendidikan Teknologi Agroindustri, Universitas Pendidikan Indonesia.

Avianti, R. A. 2015. "Pengembangan Tes Kreativitas”. Jurnal Pendidikan Universitas Negeri Jakarta, 91-98.

Cahayani A. 2013. "Analysis of Managing Creativity for Entrepreneurs”. Chinese Business Review. Jan 1,12(1).

Chandra, V.T. 2012, Tinjauan Elemen Visual pada Logo Baru PT. Kereta Api Indonesia (Persero) dan Keselarasannya dengan Budaya Perusahaan, Diploma thesis pada Desain Komunikasi Visual, Universitas Komputer Indonesia.

Herlina, L. 2019. "Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning dan Kreativitas peserta didik Terhadap Hasil Belajar IPA Kota Jambi”. Jurnal Pesona Dasar Vol.7 No.2, hal. 38-49.

Mcmullan W.E. & Kenworthy T.P 2016. Creativity and entrepreneurial performance. Springer International Pu.

Munandar, U. 2014. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta

Nisa, N.N. 2019. "Modifikasi Metode Qawaid Wa Tarjamah dengan Strategi Contextual Teaching and Learning dalam Pembelajaran Maharah Kitabah”. Seminar Nasional Bahasa Arab UM, 87-102.

Sanjaya, Wina. 2014. Strategi Pembelajaran Inovatif dan Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Setyowati, R. 2017. "Peningkatan Kreativitas Siswa Melalui Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning”. ESJ Vol. 7, No.2, 239-307

Soemarsono, J.B. 2018. Strategi Pengembangan Pendidikan Kejuruan. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Tim Penyelenggara PLPG. 2013. Materi Pelatihan PLPG Konsep Tematik Scientik Authentik. Depdiknas.

Trihantoyo, S. 2020. "Peran Hubungan Masyarakat Era Marketting 4.0 Dalam Meningkatkan Keterserapan Lulusan Program Keahlian Multimedia di SMK Negeri 12 Surabaya”. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, Vol. 08, No. 03, 199-212

Untari, E. 2016. "Pengaruh Kreativitas dan Minat Belajar Mahasiswa Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa”. Jurnal Media Prestasi, Vol. 18, No.2

Wijanarko. 2017. "Pemanfaatan Web Youtube Dalam Pembelajaran PAI”. Jurnal Program Pascasarjana Universitas Ganesha, Vol. 4 Tahun 2017

Downloads

Published

24-01-2021

How to Cite

Rayhani, F., Riyanto, Y., & Arianto, F. (2021). PENGARUH STRATEGI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP KREATIVITAS DESAIN LOGO DIMASA PANDEMI. Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(1), 42–53. https://doi.org/10.32832/educate.v6i1.4105

Issue

Section

Artikel