PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Authors

  • Bambang Sahono Universitas Negeri Bengkulu
  • Ema Yuliantri Guru SMK Negeri 2 Lahat

DOI:

https://doi.org/10.32832/educate.v6i2.4852

Keywords:

Pendekatan Realistic Mathematic Education, kemampuan berpikir kritis.

Abstract

Penelitian ini  bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini mengunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitiannya adalah siswa kelas X Farmasi SMK Tiara Lahat. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar penilaian yang digunakan untuk menjaring data pelaksanaan pembelajaran RME dan kemampuan berpikir kritis siswa. Analisis data penelitian menggunakan statistik deskriptif yaitu rata-rata  (mean), selanjutnya dikonsultasikan dengan kriteria penilaian, sehingga dapat diketahui apakah hasilnya masuk kategori sangat baik, baik, kurang atau kurang sekali. Simpulan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran RME dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X Farmasi SMK Tiara Lahat. 

References

Aisyah, dkk. 2010. Pengembangan Pembelajaran Matematika. Jakarta: Depdiknas.

Ardina, Fadila Nurfi; Fajriyah, Khusnul; Budiman, M. Arief. 2019. "Kefeektifan Model Realistic Mathematic Education Berbantuan Media Manipulatif Terhadap Hasil Belajar Matematika pada Materi Operasi Pecahan”. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran Vol. 2 No. 2. Singaraja: Universitas Ganesha.

Fais, Fahrudin. 2012. Thinking Skill Pengantar Berpikir Kritis. Yogyakarta: Suka Fress.

Fisher, Alec. 2009. Berpikir Kritis Sebuah Pengantar. Teremahan Benyamin Hadinata. Jakarta: Erlangga.

Hadi, Sutarto. 2005. Pendidikan Realistik dan Implementasinnya. Banjarmasin: Tulip.

Kemmis, Mc.Taggart R. 1993. Action Research a Short Modern History. Victoria: Deakin University Press.

Lailah, Alfi. 2015. Pembelajaran Realistics Mathematics Education (RME) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII B SMP AL Huda Kota Kediri. Tesis Tidak Diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Prianto, Agus. 2016. Penerapan Pendekatan RME Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Materi Aljabar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Jepara. Tesis Tidak Diterbitkan. Malang: Pascasarjana Univerasitas Negeri Malang.

Shoimin, Aris. 2014. Model Pembelajaran Kurikulum 2013. Yokyakarta: AR-ruz Media.

Tandililing, Edy. 2012. Implementasi Realistic mathematics Education (RME) di sekolah. MIPA FKIP. Universitas Tanjung pura Pontianak.

Tarigan, Daitin. 2006. Pembelajaran Matematika Realistik. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.

Downloads

Published

25-06-2021

How to Cite

Sahono, B., & Yuliantri, E. (2021). PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(2), 01 – 08. https://doi.org/10.32832/educate.v6i2.4852