Penggunaan Media Pembelajaran Google Site dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas V SD

Dilla Safira Adzkiya, Maman Suryaman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperkenalkan media pembelajaran online Google Sites pada siswa kelas V SD. Dari penelitian sebelumnya, media Google berbasis web ini dinilai sebagai media pembelajaran sederhana yang mudah digunakan dan dipahami oleh guru dan siswa. Secara khusus memberikan kemudahan bagi siswa untuk memahami materi selama pembelajaran online dengan menghadirkan materi yang inovatif. Penelitian ini menganalisis bagaimana proses pembelajaran online menggunakan Google Sites, materi yang disajikan adalah materi bahasa Inggris untuk kelas V SD. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Sample pada penelitian ini adalah 10 siswa kelas V yang mempunyai smarthone pribadi. 10 siswa tersebut terdiri dari 7 murid peremuan dan 3 murid laki-laki, sasaran penelitian ini pada siswa kelas V SDN Palumbonsari 3. Hasil dari penelitian ini yaitu (1) Google sites berpengaruh pada pembelajaran online, mudah digunakan oleh siswa kelas V SD (2) Menurut hasil pengamatan pembelajaran, dan hasil wawancara siswa tertarik dengan media Google Sites karena media ini sangat praktis (3) Ada hubungan antara Google Sites dengan minat siswa dalam mempelajari mata pelajaran bahasa Inggris, siswa lebih nyaman belajar menggunakan Google Sites yang dapat menyajikan materi dalam bentuk teks berwarna, gambar, video, dan audio.

Keywords


Media Pembelajaran Daring; Google Sites; Teknologi.

Full Text:

PDF

References


Azis, T. N. (2019). Strategi Pembelajaran Era Digital. Annual Conference on Islamic Education and Social Sains (ACIEDSS 2019), 1(2), 308–318.

Belawati, T. (2020). Buku pembelajaran online 179.

Budiman, M. A., Widyaningrum, A., & Azizah, M. (2013). KREATIFITAS GURU DALAM MEMILIH MEDIA UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SEKOLAH DASAR. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Ferismayanti. (2012). Mengoptimalkan Pemanfaatan Google Sites dalam Pembelajaran Jarak Jauh Oleh: Ferismayanti, M.Pd. 1–12.

Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81–89. https://doi.org/10.31605/ijes.v2i2.659

ISLAMIAH, I. N. (2021). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN GOOGLE SITE DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTSN 4 JOMBANG.

Riyana, C. (2015). Produksi Bahan Pembelajaran Berbasis Online. Modul Pembelajaran Universitas Terbuka Tangerang Selatan, 1–43.

Rohmah, S. F. (2020). PERSPEKTIF GURU TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BERBASIS PEMBELAJARAN DARING MI IHYAUL ISLAM BOLO UJUNGPANGKAH GRESIK. Orphanet Journal of Rare Diseases, 21(1), 1–9.

Sari, R. P., Tusyantari, N. B., & Suswandari, M. (2021). DAMPAK PEMBELAJARAN DARING BAGI SISWA SEKOLAH DASAR SELAMA COVID-19. 2(1), 9–15.

Sidiq, U., & Choiri, M. M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9). http://repository.iainponorogo.ac.id/484/1/METODE PENELITIAN KUALITATIF DI BIDANG PENDIDIKAN.pdf

SUHARDIANA, I. P. A. (2019). Peran Teknologi Dalam Mendukung Pembelajaran Bahasa Inggris Di Sekolah Dasar. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 92. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.934

SyafriafdiN. (2020). PERAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN DALAM PEMBELAJARAN. 06(01), 1–8.




DOI: http://dx.doi.org/10.32832/educate.v6i2.4891

Article Metrics

Abstract view : 1386 times
PDF - 2041 times

Copyright (c) 2021 Dilla Safira Adzkiya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.