Pengaruh Media Video Terhadap Motivasi & Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Konstruksi Bangunan X-DPIB SMK Negeri 2 Surabaya

Hari Wijanarko, . Rusijono, Bachtiar S Bachri

Abstract


Abstrak

Kurangnya penggunaan media pembelajaran inovatif dalam kelas membuat siswa menjadi sangat terpaku dan kurang terbuka wawasan. Hal tersebut membuat siswa terlihat kurang termotivasi, jenuh, dan kurang memperhatikan instruksi guru. Melihat kondisi tersebut, dapat dipastikan semangat belajar menurun. Menurunnya semangat belajar seseorang akan berpengaruh pada hasil belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pengaruh Media Video Terhadap Motivasi & Hasil Belajar Kohnitif Siswa Pada Mata Pelajaran Dasar – Dasar Konstruksi Bangunan. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimental Design dengan model Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data menggunakan metode Interview dan Kuesioner. Data dianalisis menggunakan Uji Independent Samples T-Test. Berdasarkan hasil Uji Independent Samples T-test, diketahui nilai Pre-Motivasi 1 0,676 > 0,05 dan Pre-Motivasi 2 0,060 > 0,05. Artinya, terbukti tidak ada perbedaan motivasi yang signifikan. Selanjutnya, Nilai Motivasi 1 0,049 < 0,05 dan Motivasi 2 0,043 < 0,05.  Artinya, terbukti ada perbedaan motivasi yang signifikan. Sedangkan untuk analisis hasil belajar kognitif diketahui nilai Pre-test 1 0,154 > 0,05 dan nilai Pre-test 2 0,083 > 0,05. Artinya, terbukti tidak ada perbedaan yang signifikan. Selanjutnya berdasarkan analisis hasil belajar kognitif Post-test 1 0,003 < 0,05 dan Post-test 2 0,006 < 0,05. Artinya, terbukti ada perbedaan yang signifikan.


Keywords


Media Video, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Kognitif.

Full Text:

PDF

References


Adair, John. (2007). Cara Menumbuhkan Pemimpin 7 Prinsip Kunci Pengembangan Kepemimpinan Yang Efektif. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

A.M. Sardiman. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Rajawali Pers.

A.M. Sardiman. (2005). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Andriani, Gustina. (2015). Sistem Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Jurnal Media Komunikasi Ilmu-Ilmu Sosial Dan Budaya. 12, 136.

Anas Sudijono. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada.

Arsyad, Azhar. (2006). Media Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Arief , S. Sadiman. (1996). Media Pendidikan. Jakarta: CV Rajawali.

Asnawir dan Usman, M. Basyirudin. (2002). Media Pembelajaran, Jakarta: Ciputat Pers,

Arsyad, Azhar. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Arief S. Sadiman. dkk. (1996). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan. Pemanfaatannya. Jakarta: PT.Raya Grafindo Persada

Anderson, Ronald H. (1987). Pemilihan dan Pengembangan Media untuk Pembelajaran.Jakarta: Universitas Terbuka

Anggoro, M. Toha. (2008). Metode Penelitian. Jakarta: Universitas Terbuka.

B. Uno, Hamzah. (2007). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta:Bumi Aksana

B uno, Hamzah.(2006).Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran.Jakarta: PT Bumi Aksara

Bloom, Benjamin S., etc. (1956). Taxonomy of Educational Objectives : The Classification of Educational Goals, Handbook I Cognitive Domain.New York : Longmans, Green and Co.

Cheppy Riyana. (2007). Pedoman Pengembangan Media Video. Jakarta: P3AI UPI.

Dale, Edgar. 1969. Audio Visual Methods in Teaching. New York: Holt, Rinehart and Winston Inc. The Dryden Press.

Danim, Sudarwan. ( 1995:7 ). Keterampilan belajar .Jakarta : Gramedia

Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Dalyono. (2012). Psikologi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.

Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineke Cipta

Djamarah, Syaiful Bahri. (2008). Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta

Eko Ribawati, M. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Video Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Candrasangkala, Vol 1 (1) , 8-9.

Frandsen, Arden N. (1967). Educational Psychology 2 nd edition. USA : Mc. Graw Hill.

Gerlach, Vernon S., and Donald P. Ely, 1971, Teaching and media : A systematic approach, Prentice-Hall, Englewood Cliffs, N.J

Hadi, Sutrisno. (1986). Metodologi Research. Yogyakarta: Andi Offset.

Heinich, R. 1993. Instructional Media and New Technology of Instruction. New York: Mcmillan Publishing.

Hamzah B. Uno. (2011). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi aksara

Komalasari, Kokom. .(2010). Pembelajaran Kontekstual. Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.

Miarso, Yusuf Hadi. (2004), Menyemai Benih Teknologi Penddikan. Jakarta:Kencana.

Mulysa. (2010). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Malcom Brownlee. (1993). Pengambilan Keputusan Etis .Jakarta : BPK.Gunung Mulia

Muhibbin Syah. 2013. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Nana Sudjana. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nana Sudjana (2010). Dasar-dasar Proses Belajar, Sinar Baru Bandung

Nasution. (2011). Metode Research Penelitian Ilmiah. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Nor Rahmah. 2012. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta : Teras.

Percival, Fred and Henry Ellington.1984.A Handbook of Educational Technology. Erlangga.Jakarta.

Rika Novita, Putri. (2017). Pengaruh Pemanfaatan Media Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Koloid Di Kelas XI SMAN 10 Aceh Barat Daya (Skripsi). Diambil dari https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/371

Ribawati, Eko. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Video Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal “Candrasangkala” Vol. 1 No. 1.

Riduwan. (2006). Dasar-Dasar Statistik. Bandung: Alfabeta.

Rusman, (2012). Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: RajaGrafindo Persada

Rusman. (2011). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Seels, Barbara B, and Richey, Rita C, (1994). Instructional Technology The Definition and Domains of the Field. Washington DC: Assosiation for Educational Communications and Technology.

Sudjana, Nana. dan Rivai, Ahmad. (2007). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sin Vuspa, Licia. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran Video Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih Di MTS Patra Mandiri Plaju Palembang (Skripsi). Diambil dari http://eprints.radenfatah.ac.id

Sugihartono, dkk. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press

Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Syah, Muhibbin. (2011). Psikologi Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. (2005). Dasar-dasar ProsesBelajar Mengajar. Bandung. Sinar Baru Algensindo.

Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia.

Suciati, Alief. (2010). Pengaruh media pembelajaran video dengan windows movie maker terhadap motivasi belajar metematika siswa (Skripsi yang tidak di publikasikan), UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Jakarta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sufren & Yonathan. (2014). Belajar Otodidiak SPSS Pasti Bisa. Jakarta: PT Elex Media Komputindo

Santoso, Singgih. (2014). Statistik Multivariat Edisi Revisi. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Triyono. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Ombak.

Unesco. (2002). Teknologi Komunikasi dan Informasi dalam Pendidikan : kurikulum dan untuk sekolah dan program pengembangan guru. Alih Bahasa Rusli: Gaung Persada Press.

Yusuf, Syamsu. (2009). Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Bandung: Rizqi Press.

Yusufhadi Miarso. (2004). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media

Yuni, Asri. (2010). Pengaruh penggunaan media pembelajaran video dan gaya belajar mahasiswa terhadap hasil belajar ketrampilan memasang infus pada mahasiswa S1 keperawatan STIKES Kendedes Malang. (Tesis yang tidak dipublikasikan), UNS Pascasarjana Surakarta, Surakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.32832/educate.v6i2.4953

Article Metrics

Abstract view : 131 times
PDF - 59 times

Copyright (c) 2021 Hari Wijanarko

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.