Model Pembelajaran Sains dan Matematika pada Anak Usia Dini Menggunakan Pendekatan MELESAT dan Teknik Loose Parts

Authors

  • Budi Susetyo
  • Masitowati Gatot
  • . Mufarihah
  • . Suriyani
  • Ida Royani

DOI:

https://doi.org/10.32832/educate.v6i1.5262

Keywords:

Loose Parts, MELESAT, PBL, Pembelajaran Sains.

Abstract

Pembelajaran sains berbasis projek dengan muatan MELESAT menggunakan loose parts menjadi pilihan sebagai model pembelajaran untuk anak usia dini membangun pengetahuan baru, dengan pola pikir sains anak semakin mengenal Al-Khaliq, mengeksplorasi hal-hal baru, kreatif, inovatif, berpikir out of the box, bersifat adaptif terhadap lingkungan, mampu menghasilkan karya dan dapat mengembangkan dan mempraktikkan keterampilan yang berhubungan dengan dunia nyata. Salah satu cara untuk pembelajaran sains yang lebih konstruktif dan bermakna adalah melalui pembelajaran berbasis proyek yang mengintegrasikan komponen MELESAT menggunakan loose parts sebagai bahan main yang bersifat terbuka. Melalui partisipasi berkelanjutan dalam berbagai kegiatan bermain di kelas dan di luar kelas, anak-anak terlibat aktif dalam dialog yang kaya pola berpikir sains dengan memanfaatkan keterampilan proses sains yang kompleks dan abstrak seperti mengamati, menanya, mengobservasi, memprediksi, mengevaluasi, dan membandingkan.  Diskusi dengan anak saat proses pembelajaran tentang konsep berpikir sains terkait matematika, eksistensi, literasi, enggineriing, sains, seni dan teknologi melebur dengan penguatan coaching oleh guru kepada anak selama proses pembelajaran. Hasil penelitian ini membuahkan kesimpulan bahwa dengan bimbingan guru yang tepat, proses pembelajaran memberikan banyak sekali kesempatan bagi anak-anak untuk mengembangkan keterampilan abad 21 sebagai bekal hidup anak di kemudian hari.

References

Ade Dwi Utami and others, Pendidikan Anak Usia Dini (Jakarta: t.p., 2013), 142.Bishop, J., & Ph, D. (2017). 21st Century Skills ( P21 ).

Agustinus Bandur,Penelitian Kualitatif: Metodologi, Desain,dan Teknik AnalisisData DenanNVIVO11 Plus, 1st edn (Bandung: Mitra Wacana Media, 2016),91.Halaman95213 -14 MAY 2017 Hotel Ibis Style SurabayaJl. Jemursari No. 110 -112 SurabayaUIN Sunan Ampel SurabayaJl. A. Yani117 Surabaya

A Wolfock, Educational Psychology, 11th edn (Boston: Pearson, 2011), 21.

Brewer, Jo Ann. 2007. Introduction to Early Childhood Education. USA : University of Massachusetts.

Chaille, "The Young Child As Scientist: A Constructivist Approach to Early Childhood Science Education", 6-7.

Chtistine Chaille and Lory Britain, "The Young Child As Scientist: A Constructivist Approach to Early Childhood Science Education", (Ed) Traci Mueller and Erica Tromblay, 3rd edn (Boston: Pearson Education, Inc, 2003), 5.

Clements, D. (2001). Mathematics in the preschool. Teaching Children Mathematics,7(5),270-275. Creswell, J.W. (2007). Qualitative inquiry and research design (2nd ed.). Thousand Oaks, CA: Sage

Dra. Siti Aisah, M.Pd. Kemampuan Sains Anak Usia Dini Melalui Keterampilan Proses dan Produk, tt.

E. JKim and others, "Development of STEAMProgramMathCenteredforMiddleSchoolStudents", Proceedings of the 20th International Conference on Computers in Education, ICCE 2012),2.

Eshach, H,.& Friend, M. N. (2005). Should Science be Tauught in Early Childhood. Journal of Science Education and Technology,14(3), 315-335.

Jacob Hayward and William McComas, "STEM: Science, Technology, Engineering,and Mathematics", (Ed) William F.McComas, The Language of Science Education: An Expand Glossary of KeyTerms andConceptsin Science Teaching and Language (SensePublishers, 2014), pp. 102–3.

Lindner, S.M., Powers-Costello, & Stegelin, D. A. (2011). Mathematics in early childhood: Research-based rational and practical strategies. Early Childhood Education Journal, 39, 29-37.

Gelman, R. & Brenneman, K. (2004). Science learning pathways for young children. EarlChildhood Research Quarterly, 19, 150-

PAUD Nurul Hidayah. Program Tahunan. 2018

Robert M. Capraro and Scott W. Slough, "Why PBL? Why STEM? Why Now? An Introduction to STEMProject-Based Learning: An Integrated Science, Technology, Engineering, and Mathematics Approach', inSTEM Project-Based Learning an Integrated Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) Approach", (Ed)Robert M. Capraro, Mary MargaretCapraro, and James R. Morgan, 2nd and (Rotterdam/Boston/Taipei: SensePublisher, 2013), 1–6.

SapuLidi12. 2018. Konsep Dasar MELESAT, ppt Bekasi Bermain.

Stig Broström. Science in Early Childhood Education. Journal of Education and Human Development. June 2015, Vol. 4, No. 2(1), pp. 107-124 ISSN: 2334-296X (Print), 2334-2978 (Online) Copyright © The Author(s). All Rights Reserved. Published by American Research Institute for Policy Development DOI: 10.15640/jehd.v4n2_ 1a12 URL: http://dx. doi.org/10.15640/ jehd.v4n2_1a12.

Tudge, J. R. H. & Doucet, F. (2004). Everyday mathematical experiences: Observing young Black and White children's everyday activities. Early Childhood Researc Quarterly, 19, 21-39.

Downloads

Published

24-01-2021

How to Cite

Susetyo, B., Gatot, M., Mufarihah, ., Suriyani, ., & Royani, I. (2021). Model Pembelajaran Sains dan Matematika pada Anak Usia Dini Menggunakan Pendekatan MELESAT dan Teknik Loose Parts. Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(1), 126–134. https://doi.org/10.32832/educate.v6i1.5262

Issue

Section

Artikel