EFEKTIVITAS E-LEARNING BERBASIS EDMONDO DAN SCHOOLOGY TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS MAHASIWA PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN FIP UNJ PADA MATA KULIAH PROFESI PENDIDIKAN

Cecep Kustandi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah memperoleh gambaran tentang peningkatan kemampuan berpikir kritis mahasiswa meliputi kemampuan dalam berpikir tingkat tinggi yang tujuannya untuk mengkaji sebuah situasi, fenomena, pertanyaan, atau masalah untuk mendapatkan sebuah hipotesis atau kesimpulan sebagai proses pengambilan keputusan secara rasional atas apa yang diyakini dan dikerjakan melalui aspek memberikan penjelasan dasar, membangun keterampilan dasar, menyimpulkan, membuat penjelasan lebih lanjut, strategi dan taktik pada mata kuliah Profesi Pendidikan.
 Metode yang digunakan adalah Quasi Eksperimen, dengan desain Nonequivalent (Pretest and Posttest) Control Group Design, yang terdiri dari dua kelompok penelitian yaitu kelas eksperimen yang melakukan perkuliahan elearning berbasis Edmodo dan kelas kontrol melakukan perkuliahan e-learning berbasis Schoology. Dalam penelitian ini obyek penelitiannya adalah kemampuan berfikir kritis sedangkan unit analisisnya adalah Mahasiswa S1 program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta.
 Hasil penelitian membuktikan bahwa terjadi peningkatan kemampuan berpikir kritisnya, namun kelas eksprimen (e-learning Edmodo) lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (e-learning Schoology). Pada perkuliahan yang menggunakan e-learning (baik Edmodo maupun Schoology) mahasiswa berpacu untuk menjadi seseorang yang menemukan suatu ide dalam memecahkan suatu masalah serta mampu mempertahankan pendapatnya kepada mahasiswa lain.
Mahasiswa dibiasakan menguasai kemampuan berpikir kritis dari segi penafsiran, analisis, evaluasi, memilih, serta penjelasan. Mahasiswa didorong untuk menguasai kemampuan berpikir kritis sehingga pengetahuan yang telah dibangun mampu dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright © 2015, Universitas Ibn Khaldun Bogor, All Rights Reserved. Powered by OJS.