ANALISIS GAYA BERPIKIR MAHASISWA S1 TEKNOLOGI PENDIDIKAN TAHUN 2016/2017 FKIP UNIVERSITAS IBN KHALDUN BOGOR

Septy Achyanadia

Abstract


Tujuan penelitian yang akan dilakukan yaitu untuk menganalisis gaya berpikir mahasiswa S1 Teknologi Pendidikan tahun 2016/2017 FKIP Universitas Ibn Khaldun Bogor. Hasil penelitian ini dapat memberikan gambaran kepada para dosen mengenai gaya berpikir yang dimiliki mahasiswa  S1 Teknologi Pendidikan tahun 2016/2017 FKIP Universitas Ibn Khaldun Bogor, sebagai dasar dalam menentukan model, strategi, metode dan media pembelajaran.
 Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif yaitu bertujuan menjelaskan fenomena yang ada dengan menggunakan angka-angka untuk mencandarkan karakteristik individu atau kelompok. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa  S1 Teknologi Pendidikan tahun 2016/2017 FKIP Universitas Ibn Khaldun Bogor. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu memberikan tes kreativitas verbal.
 Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa S1 Teknologi Pendidikan FKIP UIKA Bogor memiliki gaya berpikir konvergen, namun tidak sedikit pula mahasiswa yang memiliki gaya berpikir divergen. Dengan demikian, hasil penelitian ini dapat menjadi pertimbangan bagi para dosen dalam mendesain pembelajaran sehingga berdampak pada peningkatan hasil belajar mahasiswa.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright © 2015, Universitas Ibn Khaldun Bogor, All Rights Reserved. Powered by OJS.