Dampak Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Bagi Peningkatan Soft Skills Dan Hard Skills Mahasiswa Fkip Universitas Ibn Khaldun Bogor

Authors

  • Movi Riana Rahmawanti Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Mohammad Muhyidin Nurzaelani

DOI:

https://doi.org/10.32832/educate.v7i1.6218

Keywords:

Hard skill, Merdeka Belajar Kampus Merdeka, Soft skill.

Abstract

Program MBKM memiliki tujuan salah satunya yaitu meningkatkan kompetensi soft skill  dan hard skill lulusan.  Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan softs kill dan hard skill mahasiswa sebagai dampak program MBKM. Metode penelitian menggunakan survey deskriptif dengan sampel 140 mahasiswa yang mengikuti program MBKM. Instrumen dibuat untuk mengukur peningkatan soft skill dan hard skill mahasiswa yang mengikuti program MBKM dengan 5 indikator untuk soft skill yaitu: (1) kemampuan komunikasi, (2) kemampuan menyelesaikan masalah, (3) kreativitas, (4) kemampuan menyelesaikan konflik, dan (5) kesadaran budaya lain. Sementara itu indikator hard skills yang dibahas dalam studi ini meliputi: (1) empati, (2) kemampuan bersosialisasi, (3) kemampuan menggunakan teknologi, (4) pemikiran kreatif dan inovatif, dan (5) kemampuan menulis dan mengadakan riset.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan soft skills mahasiswa dengan indikator tertinggi yaitu kreativitas sebesar 97.3%, dan terdapat peningkatan hard skills mahasiswa dengan indikator tertinggi yaitu pemikiran kreatif dan inovatif sebesar 96%.

References

Al Abduwani, T. A. (2012). The Value And Development Of Soft skills: The Case Of Oman. International Journal of Information Technology and Business Management, 2(1), 87-88.

Arsy, R. F. (2013). Metode Survei Deskriptif untuk Mengkaji Kemampuan Interpretasi Citra pada Mahasiswa Pendidikan Geografi FKIP Universitas Tadulako. Jurnal Kreatif, 16(3), 62-72.

Asbari, M., Purwanto, A., Ong, F., Mustikasiwi, A., Maesaroh, S., Mustofa, M., ... & Andriyani, Y. (2020). Impact of Hard Skills, Soft Skills and Organizational Culture: Lecturer Innovation Competencies as Mediating. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 101-121.

Budiningsih, I., Soehari, T., & Marlison, M. (2020). Hard Skill VS Soft skill in The Achievement of Employees in Jakarta Mass Rapid Transit (MRT) Infrastructure Project. Akademika: Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(02), 29-42. https://doi.org/10.34005/akademika.v9i02.895

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud RI.

Ihsan, D. (2020). Mendikbud: Soft skill dan Hard Skill Sama Pentingnya. Kompas.com. 18 Desember 2020. Diakses tanggal 24 Desember 2021. https://www.kompas.com/edu/read/2020/12/08/205635971/mendikbud-soft-skill-dan-hard-skill-sama-pentingnya?page=all

Lavy, I., & Yadin, A. (2013). Soft skills An Important Key for Employability in the Shift to a Service Driven Economy" Era. International Journal of e-Education, eBusiness, e-Management and e-Learning, 3(5), 416-420.

Mahasneh, J., & Thabet, W. (2015). Rethinking Construction Curriculum: A Descriptive Cause Analysis for Soft skills Gap. ASC Annual International Conference Proceedings, 1-8.

Rahayu, S. (2013). Soft skills Attribute Analysis In Accounting Degree For Banking. International Journal of Business, Economics and Law, 2(1), 115-120.

Schulz, B. (2008). The importance of soft skills: Education beyond academic knowledge.

Sinarwati, NK. (2014). Apakah Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Mampu Meningkatkan Soft-Skill dan Hard-Skill Siswa? Jurnal Ilmiah Akuntansi & Humanika (JINAH, Undiksha, Singaraja, 2 (1): 1217. http://dx.doi.org/10.23887 /jinah.v3i2.4055

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Vyas, P., & Chauhan, G. S. (2013). The Preeminence Of Soft skills: Need For Sustainable Employability. Journal of Social Science & Interdisciplinary Research, 2(5), 124- 131.

Downloads

Published

28-12-2021

How to Cite

Rahmawanti, M. R., & Nurzaelani, M. M. (2021). Dampak Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Bagi Peningkatan Soft Skills Dan Hard Skills Mahasiswa Fkip Universitas Ibn Khaldun Bogor. Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(1), 37–47. https://doi.org/10.32832/educate.v7i1.6218

Issue

Section

Artikel