Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Aplikasi Microsoft Kaizala dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa

Authors

  • Muzakkir muzakkir UNDIKMA
  • Khairul Huda UNDIKMA
  • Mujiburrahman Mujiburrahman UNDIKMA
  • Sri Hartati SMAN 1 Labu Api Lombok Barat

DOI:

https://doi.org/10.32832/educate.v7i1.6231

Keywords:

Efektivitas, Aplikasi Kaizala, Hasil Belajar, Motivasi

Abstract

Abstrak. Pemanfaatan teknologi informasi untuk kegiatan pembelajaran semakin dibutuhkan mengingat kondisi wabah covid-19 dan juga tuntutan perkembangan teknologi saat ini, pembelajaran daring salah satu solusi terbaik menjawab persoalan tersebut. Pada penelitian ini menggambarkan salah satu contoh penerapan pembelajaran daring dengan menggunakan aplikasi android yaitu Microsoft Kaizala karena perguruan tinggi sekalipun belum memahami sepenuhnya pemanfaatan aplikasi tersebut apalagi tingkat sekolah, maka perlunya melakukan riset dan uji coba sebagai upaya mengetahui efektivitas aplikasi Microsoft Kaizala tersebut. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di SMA Negeri 1 Labu Api Lombok Barat NTB, bahwa rata-rata nilai Pretest 73,14 dan nilai postest 73,71 tidak ada perbedaan signifikan. Artinya pembelajaran tidak efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar siswa rata-rata pada kategori renda baik sebelum maupun setelah perlakuan, bahkan nilai KKM belum memenuhi standar karena rata-rata < 75. Kesimpulannya bahwa pembelajaran daring dengan menggunakan aplikasi microsoft kaizala tidak efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Labu Api Lombok Barat. Sehingga penggunaan aplikasi kaizala harus didukung dengan pemanfaatan aplikasi lain juga seperti zoom, goegle classroom dan aplikasi daring lainnya serta tersedianya sarana yang memadai, termasuk kerjasama antara guru, siswa dan orang tua, yang saling mendukung.

References

Angelo, Mark, and S Enriquez. 2014. "Students' Perceptions on the Effectiveness of the Use of Edmodo as a Supplementary Tool for Learning.” Presented at the DLSU Research Congress 2014 De La Salle University, Manila, Philippines. March 6-8, 2014

Anjelin, Anggela Ermitha, and Heru Purnomo. 2021. "Efektivitas Pembelajaran Daring Siswa Sekolah Dasar Di Masa Pandemi.” JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. Volume 4, Nomor 3

Dewi, Wahyu Aji Fatma. 2020. "Dampak COVID-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 2 (1): 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89.

Deni Ranoptri, 2020. Belajar Daring pakai aplikasi Kaizala? why not???. Kelas Maya Jejak Bali. Rumah Belajar. Di akses 12 Desember 2021, https://kelasmayajejakbali.wordpress.com

Fauziah, Amni, Asih Rosnaningsih, and Samsul Azhar. n.d. "Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Minat Belajar Siswa Kelas IV SDN Poris Gaga 05 Kota Tangerang.” JURNAL JPSD Vol. 4 No. 2 Tahun 2017 https://doi.org/10.26555/jpsd.

Herayanti, Lovy, M Fuaddunnazmi. 2015. "Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Moodle Pada Mata Kuliah Fisika Dasar.” Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. Volume I No 3, Juli 2015

Hamalik. 2008. Proses Belajar Mengajar. Bandung : Bumi Aksara.

Kattoua Tagreed, Musa Al-Lozi, and Ala'aldin Alrowwad. 2016. "A Review of Literature on E-Learning Systems in Higher Education.” International Journal of Business Management and Economic Research (IJBMER), Vol 7(5),2016

Korucu, Agah Tugrul, and Ayse Alkan. 2011. "Differences between M-Learning (Mobile Learning) and e-Learning, Basic Terminology and Usage of m-Learning in Education.” In Procedia - Social and Behavioral Sciences, 15:1925–30. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.04.029.

Lestariyanti, Elina. 2020. "Mini-Review Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19: Keuntungan Dan Tantangan Info Artikel Abstract Sejarah Artikel.” Jurnal Prakarsa Paedagogia 3 (1). https://doi.org/10.24176/jpp.v2i1.4310.

Muhammad, Maryam. 2016. "Pengaruh Motivasi Dalam Pembelajaran.” Lantanida Journal, Vol. 4 No. 2

Parlina, Mila, Ari Septian, Sarah Inayah, and Info Artikel. 2021. "Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran E-Learning Berbantuan Aplikasi Kaizala” Jurnal Padegogik Volume 4 Issue 2, July 2021. https://doi.org/10.35974/jpd.v4i2.2528.

Sulastri, Imran, Arif Firmansyah. 2015. "Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas V SDN 2 Limbo Makmur Kecamatan Bumi Raya.” Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 3 No. 1

Sardiman. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta:Rajawali

Sudjana, Nana. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung, PT Remaja Rosdikarya.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Efgivia, M. Givi. 2019. Pengaruh Media Blanded dan E-Learning terhadap Hasil belajar

Mahasiswa Pengembangan Media Audio Mahasiswa Semster IV TP UIKA Bogor.

Educate Jurnal Teknologi Pendidikan. Vol 4, No.2

Downloads

Published

29-12-2021

How to Cite

muzakkir, M., Huda, K., Mujiburrahman, M., & Hartati, S. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Aplikasi Microsoft Kaizala dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(1), 48–57. https://doi.org/10.32832/educate.v7i1.6231

Issue

Section

Artikel