Work Integrated Learning Dalam Peningkatan Kompetensi Tenaga Terdidik

Authors

  • Syarifuddin syarifuddin

DOI:

https://doi.org/10.32832/educate.v7i1.6318

Keywords:

, Kompetensi Tenaga Terdidik, Work Integrated Learning

Abstract

Jurnal ini adalah kajian konseptual Work Integrated Learning dalam peningkatan kompetensi tenaga terdidik melalui bentuk Work Integrated Learning; program, dan pengembangan programnya. Berdasarkan kajian konseptual belajar terintegrasi dunia kerja disimpulkan bahwa Work Integrated Learning dalam peningkatan kompetensi tenaga terdidik sangat efektif untuk dilaksanakan. Metodologi dari kajian ini adalah studi literatur dengan menggunakan pendekatan deskriptif dengan konsep paparan deskriptif naratif. Kajian ini mendapatkan hasil sebagai berikut: Work integrated learning sistem merupakan satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kompetensi yang bermakna dan menyeluruh akan dimiliki oleh output pendidikan yang ada. Penerapan work integrated learning system merupakan langkah peningkatan kompetensi tenaga terdidik yang efektif untuk diterapkan oleh semua jenjang pendidikan yang ada di Indonesia. Kajian ini menunjukkan peran relevansi pendidikan menjadi salah satu faktor yang menentukan dalam meningkatkan kompetensi tenaga terdidik ke depan

References

Abu Farha, R. J., Zein, M. H., & Al Kawas, S. 2021. Introducing integrated integrated case-based learning to clinical nutrition training and evaluating students' learning performance. Journal of Taibah University Medical Sciences, Vol 16, No. 4, 558–564. https://doi.org/10.1016/j.jtumed.2021.03.005

Beham, G., Kump, B., Ley, T., & Lindstaedt, S. 2010. Recommending Knowledgeable People in a Work-Integrated Learning System. Procedia Computer Science, Vol 1, No. 2, 2783–2792. https://doi.org/10.1016/j.procs.2010.08.003

Budihal, S., Patil, U., & Iyer, N. 2020. An Integrated Approach of Course Redesign Towards Enhancement of Experiential Learning. Procedia Computer Science, 172(2019), 324–330. https://doi.org/10.1016/j.procs.2020.05.052

Efgivia, M. Givi. 2020. Pemanfaatan Big Data dalam Penelitian Teknologi Pendidikan. Educate Jurnal Teknologi Pendidikan. Vol 5, No. 2.

Denise Jackson. 2015. Employability Skill Development in Word Integrated Larning: Barrers and Pest practice. Journal

Gamble, J. 2006. Theory and Practice in The Vocational Curriculum. In M. Young and J. Gamble (Eds.) Knowledge, curriculum and qualifications for South African further education.

Mulyasa, E. 2006. Kurikulum Berbasis Kompetensi; Konsep, karakteristik dan Implementasi. Bandung, Remaja Rosdakarya, Cetakan Kesepuluh.

Orrell, J. 2004. Work-integrated Learning Programmes. Management and Educational Quality Proceedings of the Australian universities Quality Forum.

Spencer, Lyle M. Jr., and Signe M. Spencer. 1993. Competence at Work. New York: Wiley.

Sugiyono, 2011. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods), Bandung, Alfabet.

Undang-Undang Nomor.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta, Medya Duta, 2003.

Wessels, M. 2005. Experiential learning. cape town: Juta & co. Work-Integrated Learning: Good Practice Guide. HE Monitor No. 12 August 2011.

Downloads

Published

09-01-2022

How to Cite

syarifuddin, S. (2022). Work Integrated Learning Dalam Peningkatan Kompetensi Tenaga Terdidik. Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(1), 96–102. https://doi.org/10.32832/educate.v7i1.6318

Issue

Section

Artikel