Efektivitas Media Pembelajaran Bangun Ruang Terhadap Hasil Belajar Matematika

Authors

  • Al Juska Sasni Akbar Universitas Prof. DR. HAMKA, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32832/educate.v7i1.6319

Keywords:

Media pembelajaran, hasil belajar dan bangun ruang matematika.

Abstract

Penelitian ini membahas tentang bagaimana Efektifitas Media Pembelajaran Bangun Ruang Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas V SD Negeri Cilubang 01 Desa Sukadamai Kecamatan Dramaga Kabupaten Bogor. Tujuan pelaksanaan penelitian ini adalah: (a). Untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran bangun ruang, (b). Mengetahui hasil belajar matematika, dan (c). Mengetahui perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran bangun ruang terhadap hasil belajar matematika di kelas V SD Negeri Cilubang 01 Dramaga Bogor.

Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan pendekatan pre and post-test control group dengan populasi penelitian yaitu kelas V-A dan V-B SD Negeri Cilubang 01 Dramaga Bogor yang berjumlah 62 siswa. Sedangkan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposes sampling yakni teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Sampel yang digunakan telah memiliki tujuan siapa yang akan dijadikan sampel penelitian. Sampel penelitian ini berjumlah 32 siswa kelas V-A di SD Negeri Cilubang O1 Dramaga Bogor sebagai kelas eksperimen. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan fasilitas SPSS versi 20 dengan uji perbedaan (t-test) dan atau uji beda dengan menggunakan teknik Paired Sample Test

Penelitian ini mendapatkan hasil akhir pada pengujian hipotesis akhir t hitung sebesar 11.328, sedangkan t tabel sebesar 1.699 pada taraf signifikansi 0,05. Karena nilai t hitung > dari t tabel atau 11.328 > 1.699 dapat disimpulkan bahwa Terdapat Perbedaan Hasil Belajar Matematika pada peserta didik yang dibelajarkan menggunakan Media Pembelajaran Bangun Ruang di Kelas V SD Negeri Cilubang 01 Dramaga Bogor.

References

Adi. A. Gunawan. 2006. Genius Learning Strategy: Petunjuk Praktis untuk Menerapkan Accelerated learning. Jakarta, PT. Gramedia Pustaka Utama.

Asyar, Rayandra. 201). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta, Gaung Persada Press

Arief, Zainal Abidin. 2015. Landasan Teknologi Pendidika., Bogor, Uika Press

______________________. 2011. Penelitian Pendidikan: Metode dan Paradigma Baru. Bandung, PT Remaja Rosdakarya.

______________________. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Perspektif Paradigma Baru Dalam Penelitian Pendidikan. Bogor, Graha Widya Sakti

Arikunto, Suharsimi . 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta, Rineka Cipta.

______________________. 2006. Prosedur Penelitian; Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi VI). Jakarta, Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta, PT Raja Grafindo Persada.

Benny. A. Pribadi. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta, Dian Rakyat.

Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Bandung, Satu Nusa.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta, Rineka Cipta.

Efgivia, M. Givi. 2020. Pemanfaatan Big Data dalam Penelitian Teknologi Pendidikan. Educate Jurnal Teknologi Pendidikan. Vol 5, No. 2.

Hamzah, B. 2008. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Efektif dan Dinamis. Jakarta, Bumi Aksara.

Hamalik, Oemar. 1994. Media Pendidikan, Cetakan ke 7. Bandung, PT. Citra Aditya Bhakti

Hartono. 2008. PAIKEM Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan. Pekanbaru, Zanafa,

Juntika, Nurihsan. 2007. Strategi Layana Bimbingan dan Konseling. Bandung, Reflika Aditama.

Kurniawan, Deni. 2011. Pembelajaran Terpadu. Bandung, Pustaka Cendikia Utama.

Lestari. 2011. Konsep Matematika AUD. Bandung, PAUDNI.

Khairani, Makmun. 2017. Psikologi Belajar. Sleman Yogyakarta, Aswaja Pressindo.

Majid, Abdul. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Munadi, Yudhi. 2008. Media Pembelajaran; Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta, Gaung Persada Press.

Miarso, Y. 2009. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta, Prenada Media.

Nana, Syaodih Sukmadinata. 2009). Landasan Psikologis Pendidikan. Bandung, PT Rosdakarya.

Olivia. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta, Rineka Cipta

Prasetyo, Bambang. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta, PT Raja Grafindo Persada.

Russefendi. 1991. Pengantar Pengajaran Matematika Modern Untuk Orang Tua Murid. Bandung, Tarsindo.

Rasyad, Aminuddin. 2003. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta, UHAMKA Press

Sadirman, Arief S, dkk. 2009. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembanga,n dan Pemanfaatan. Jakarta, Rajawali Pers.

Sadirman, Arif. 2008. Media Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sagala, Syaiful. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung, Alfabeta.

Silberman. Melvin. L. 2006. Active Learning. Bandung, Nusa Media.

Slameto. 2015. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta, PT Rineka Cipta.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta, Kencana Prenada Media Group.

Sugiyono. 2003. Statistik Untuk Penelitian. Jakarta, Alfabet.

Susanto, A. 2012. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta, Kencana.

_______. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung, Alfabeta.

Soedjadi, R. 2001. Kiat Pendidikan Matematika. Indonesia, Jakarta.

Ukim, komarudin dan Sukardjo, M. 2009. Landasan Pendidikan Konsep dan Aplikasinya. Jakarta, PT Grapindo Persada.

Wasliman, Lim. 2007. Problematika Pendidikan Dasar. Bandung, Modul. Sps-Universitas Pendidikan Indonesia.

Wibawa, Basuki. 2001. Media Pengajaran. Bandung, CV Maulana

Yulaelawati, E. 2004. Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung, Pakar Raya

Downloads

Published

09-01-2022

How to Cite

Akbar, A. J. S. (2022). Efektivitas Media Pembelajaran Bangun Ruang Terhadap Hasil Belajar Matematika. Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(1), 103–113. https://doi.org/10.32832/educate.v7i1.6319

Issue

Section

Artikel