Supervisi Akreditasi Dalam Rangka Pengembangan Mutu Satuan Pendidikan Anak Usia Dini Dan Pendidikan Nonformal

Authors

  • Abdul Muis Singaperbangsa Karawang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32832/educate.v7i1.6365

Keywords:

Supervisi, akreditasi, pengembangan mutu.

Abstract

Program supervisi akreditasi dalam rangka pengembangan mutu satuan PAUD dan PNF yang sesuai dengan SNP sangat penting dilakukan, karena hanya satuan PAUD dan PNF yang terakreditasi saja yang mendapat beberapa keistimewaan. Supervisi akreditasi dilaksanakan dalam rangka pengembangan mutu satuan PAUD dan PNF agar sesuai dengan SNP dan siap diakreditasi oleh BAN PAUD dan PNF di PP PAUD dan Dikmas Jawa Barat pada tahun 2019. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pelaksanaan supervisi akreditasi dalam rangka pengembangan mutu satuan PAUD dan PNF agar sesuai dengan SNP dan siap diakreditasi oleh BAN PAUD dan PNF. Hasil penelitian menggambarkan bahwa supervisi akreditasi dalam rangka pengembangan mutu satuan PAUD dan PNF yang dilakukan di PP PAUD dan Dikmas Jawa Barat pada tahun 2019 adalah dengan melakukan peningkatan pada pengelolaan, kinerja pendidik, kurikulum, serta sarana dan prasarana dari satuan PAUD dan PNF, agar sesuai dengan SNP dan siap diakreditasi oleh BAN PAUD dan PNF. Untuk menjamin ketercapaian tujuan keempat supervise tersebut dilakukan strategi dengan membuat skenario kegiatan Tahap 1 dan Tahap 2 serta alur pelaksanaan supervisinya.

References

Bafadal, Ibrahim. 2004. Manajemen Perlengkapan Sekolah, Teori dan Aplikasinya. Jakarta, Bumi Aksara.

Departemen Pendidikan Nasional. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi Ketiga. Jakarta, Balai Pustaka.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, (2017). Bahan Supervisi Satuan PAUD dan Dikmas. Bandung: PP PAUD dan Dikmas Jawa Barat.

-------. 2018. Panduan Pelaksanaan Supervisi Satuan PAUD dan Dikmas. Bandung, PP PAUD dan Dikmas Jawa Barat.

-------. 2019. Laporan Pelaksanaan Supervisi Satuan PAUD dan Dikmas. Bandung, PP PAUD dan Dikmas Jawa Barat.

Efgivia, M. Givi. 2020. Pemanfaatan Big Data dalam Penelitian Teknologi Pendidikan. Educate: Jurnal Teknologi Pendidikan. Vol 5, No. 2.

Sudjana, D. 2000. Manajemen Program Pendidikan untuk PLS dan Pengembangan SDM. Bandung, Falah Production.

Sudrajat, Akhmad. 2010. Kepemimpinan dan Kinerja. Website: www.AKHMAD SUDRAJAT. Blogspot.com.

Soerjono Soekanto dan Sri Mamudji. 2015. Penelitian Hukum Normatif: Suatu Tinjauan Singkat. Jakarta, Raja Grafindo Persada.

Timpe, A. Dale. 2002. Seri Manajemen Sumber Daya Manusia Kinerja. Jakarta, Gramedia.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang: Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta, BP Cipta Karya.

Wasliman, Iim. 2009. Kebijakan Anggaran Pendidikan dan Pengembangan Mutu Pendidikan. Materi Perkuliahan Manajemen Pendidikan Program S3. Bandung, UNINUS.

Winardi, J. 2009. Manajemen Perilaku Organisasi. Jakarta, Kencana Prenada Media Group.

Downloads

Published

14-01-2022

How to Cite

Muis, A. (2022). Supervisi Akreditasi Dalam Rangka Pengembangan Mutu Satuan Pendidikan Anak Usia Dini Dan Pendidikan Nonformal. Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(1), 125–159. https://doi.org/10.32832/educate.v7i1.6365

Issue

Section

Artikel