UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK TENTANG RECOUNT TEXT PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS DENGAN MENGGUNAKAN DIRECT METHOD (DM) DI KELAS X MIPA 3 SMAN 7 KOTA BOGOR

Authors

  • Siti Jaleha SMA Negeri 7 Kota Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/educate.v3i1.997

Abstract

Penelitian ini beranjak dari fenomena yang terjadi di kelas bahwa rendahnya pemahaman dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Bahasa Inggris tentang Recount text. Untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik maka metode pembelajaran harus ada perubahan, salah satunya dengan menggunakan metode langsung (direct method).
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui efektifitas penggunaan metode pembelajaran langsung (direct method) dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik tentang materi Recount Text, (2) menggambarkan proses peningkatan hasil belajar peserta didik tentang materi Recount Text sebelum dan sesudah menggunakan metode pembelajaran (direct method), (3) mengukur besarnya peningkatan hasil belajar peserta didik tentang materi Recount Text setelah menggunakan metode pembelajaran (direct method).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Metode pembelajaran (direct method) dapat meningkatan hasil belajar peserta didik pada materi recount text di kelas X MIPA 3 SMAN 7 Kota Bogor dengan menggunakan metode pembelajaran direct method, (2) Penggunaan metode pembelajaran (direct method) dalam pembelajaran membuat peserta didik tidak bosan dan jenuh sebaliknya merasa senang sehingga aktivitas belajar mereka meningkat. Hal ini terbukti pada siklus I ada 50% atau 16 peserta didik yang aktif, 30% atau 11 peserta didik yang cukup aktif dan 20% atau 5 peserta didik yang kurang aktif pada saat pembelajaran. Setelah guru memperbaiki hasil refleksi pada siklus I maka pada siklus II didapat 80% atau 27 peserta didik aktif pada saat pembelajaran dan 20% atau 5 peserta tidak yang cukup aktif pada saat pembelajaran serta 0,00% atau tidak ada peserta didik yang tidak aktif pada saat pembelajaran. Hal tersebut berpengaruh terhadap hasil belajar yang dicapai peserta didik, dan (3) Hasil belajar mata pelajaran Bahasa Inggris khususnya materi recount text di kelas X MIPA 3 di SMAN 7 Kota Bogor sebelum menggunakan metode pembelajaran direct method mempunyai nilai rata-rata 65. Pada saat pembelajaran diubah menggunakan metode pembelajaran direct method, rata-rata hasil belajar peserta didik meningkat menjadi 73,62 pada siklus I dan 82 pada siklus II. Begitu pula dengan ketuntasan belajarnya. Pada kondisi pra siklus atau kondisi awal dari KKM yang ditetapkan sebesar 70, peserta didik mencapai KKM baru sebesar 20%, terjadi peningkatan di siklus I menjadi 65%, dan pada siklus II menjadi 100% peserta didik mencapai KKM.

Downloads

Published

01-01-2018

How to Cite

Jaleha, S. (2018). UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK TENTANG RECOUNT TEXT PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS DENGAN MENGGUNAKAN DIRECT METHOD (DM) DI KELAS X MIPA 3 SMAN 7 KOTA BOGOR. Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan, 3(1), 81–99. https://doi.org/10.32832/educate.v3i1.997

Issue

Section

Artikel