MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA TENTANG TEKS ULASAN FILM/DRAMA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSSISTED INDIVIDUALIZATION)

Authors

  • Dias Riyanti SMA Negeri 3 Kota Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/educate.v3i1.998

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik kelas XI IPA 5 SMA Negeri 3 Bogor dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Asssisted Individualization) pada Materi Teks Ulasan Film/Drama di Kelas XI IPA 5 SMA Negeri 3 Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2016-2017. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang telah dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri atas dua pertemuan yang selalu diakhiri dengan tes akhir siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas kelas XI IPA 5 tahun pelajaran 2016-2017 dengan jumlah peserta didik sebanyak 36 orang. Objek penelitiannya adalah model pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Asssisted Individualization). Instrumen yang digunakan adalah test hasil belajar berupa soal pilihan berganda. Cara pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui tes hasil belajar peserta didik mulai dari prasiklus sampai pada setiap akhir siklus untuk mengetahui peningkatan rata-rata tiap siklus. Sedangkan indikator keberhasilan penelitian ini adalah ketuntasan perorangan dan ketuntasan belajar klasikal atau bersama-sama di dalam kelas. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan prestasi hasil belajar. Perolehan nilai rata-rata hasil belajar peserta didik pada prasiklus dengan rata-rata 72.69. Sedangkan pada siklus I dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Asssisted Individualization) mengalami peningkatan 6.66% menjadi 80.83 Sedangkan nilai rata-rata di siklus II meningkat 5.39 % dengan rata-rata nilai siklus I ke siklus II menjadi 86,62.

Downloads

Published

01-01-2018

How to Cite

Riyanti, D. (2018). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA TENTANG TEKS ULASAN FILM/DRAMA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSSISTED INDIVIDUALIZATION). Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan, 3(1), 100–118. https://doi.org/10.32832/educate.v3i1.998

Issue

Section

Artikel