PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS MENGGUNAKAN CD INTERAKTIF PADA KEMAMPUAN MENULIS (WRITING SKILL) UNTUK MATERI DESCRIBING PEOPLE, THINGS, AND HISTORICAL PLACES PADA KELAS X DI SMK TELEKOMEDIKA BOGOR

Authors

  • Rustika Wati
  • Muktiono Waspodo
  • Zainal Abidin Arief

DOI:

https://doi.org/10.32832/edukha.v1i1.3206

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian Pengembangan Media pembelajaran yang
digunakan dalam mata pelajaran Bahasa Inggris untuk Mengukur dan mengetahui
pencapaian kompetensi peserta didik; memperbaiki proses pembelajaran; dan dalam
rangka menjamin mutu kualitas pendidikan di SMK Telekomedika Bogor.  Masalah
dalam penelitian ini dirumuskan sebagai berikut: Bagaimana proses pengembangan,
penilaian kualitas produk, penilaian peserta didik, dan  efektifitas  penggunaan media
pembelajaran berbasis multimedia interaktif sebagai media pembelajaran bahasa Inggris untuk peningkatan kemampuan menulis peserta didik pada materi describing people, things and historical places. Metode yang digunakan dlam penelitian ini menggunakan menggunakan
kombinasi antara model penelitian yang diadaptasi dari model Dick and carey dan model ADDIE. Model Dick and Carey digunakan sebagai tahapan penelitian dalam tahap Analisi yaitu tahap Analisis Kebutuhan dan Tujuan (Identity Instructional Goal (s)), Melakukan Analisis Instruksional (Conduct Instructional Analysis), Analisis Pembelajar dan Konteks (Analyze Learners and Contexts), Analisis Pembelajar dan Konteks (Analyze Learners and Contexts). Sedangkan untuk pengembangan penelitian menggunakan model ADDIE. Prosedur Pengembangan Model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu analisis (analyze), desain (design), pengembangan (development), pelaksanaan (implementation), dan evaluasi (evaluation).
 Data dalam penelitian ini divalidasi oleh ahli materi, ahli media dan ahli desain
pembelajaran Penilaian media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada
kompetensi dasar Descriptive Text berdasarkan penilaian ahli materi pada aspek
pembelajaran memperoleh nilai rata-rata 4.22 dengan kategori Sangat baik dan aspek isi memperoleh nilai rata-rata 4.2 dengan kategori  Sangat baik. Penilaian ahli media pada aspek tampilan memperoleh rata-rata 4.27 dengan kategori Sangat baik dan aspek pemograman memperoleh rata-rata 4.58 dengan kategori  Sangat baik . Penilaian ahli desain pembelajaran  terhadap aspek isi, strategi dan evaluasi adalah 80 dari 19 indikator, sehingga rerata hasil 4,21 Mengacu pada tabel konversi, maka penilaian pada desain pembelajaran  adalah Sangat baik. Serta hasil penilaian peserta didik berdasarkan hasil uji coba lapang adalah 4,5. adalah sangat baik.Persentase ketuntasan peserta didik berdasarkan hasil belajar lebih dari 80% yaitumencapai 91,5 %. Ini berarti bahwa menggunaan media pembelajaran interaktif
menggunakan CD Interaktif pada bahasa Inggris  yang dihasilkan efektif dan layak
digunakan

Downloads

Published

2020-05-01

How to Cite

Wati, R., Waspodo, M., & Arief, Z. A. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS MENGGUNAKAN CD INTERAKTIF PADA KEMAMPUAN MENULIS (WRITING SKILL) UNTUK MATERI DESCRIBING PEOPLE, THINGS, AND HISTORICAL PLACES PADA KELAS X DI SMK TELEKOMEDIKA BOGOR. EDUKHA : Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1). https://doi.org/10.32832/edukha.v1i1.3206

Issue

Section

Articles