UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DI SMP NEGERI 11 KOTA BOGOR

Authors

  • Irianto Haryadi Sekolah Menengah Pertama Negeri 11 Kota Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/edukha.v3i1.7217

Abstract

Penelitian ini bertujuan : (1) untuk mengetahui model pembelajaran kooperatif
tipe Student Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar peserta didik; (2) untuk mendeskripsikan proses peningkatan aktivitas dan prestasi belajar peserta; dan (3) untuk mengukur besarnya peningkatan aktivitas dan prestasi belajar peserta didik tentang bentuk aljabar dan operasi pada bentuk aljabar setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) di kelas VII F SMP Negeri 11 Kota Bogor Semester I Tahun Pelajaran 2019/2020. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievment Division (STAD) dapat menjadi
variasi pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik sehingga terbukti
meningkatkan hasil belajar peserta didik di Kelas VII F semester 1 SMP Negeri 11 Kota Bogor. Peningkatan setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievment Division (STAD) sebesar 73,23 pada siklus 1 dan 81,03 pada siklus 2. Dari uraian di atas peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievment Division ( STAD) yang disesuaikan dengan materi pembelajaran dapat menciptakan situasi belajar yang menyenangkan sehingga
terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik.

Downloads

Published

2022-05-01

How to Cite

Haryadi, I. (2022). UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DI SMP NEGERI 11 KOTA BOGOR. EDUKHA : Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 1–13. https://doi.org/10.32832/edukha.v3i1.7217

Issue

Section

Articles