OPTIMALISASI PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DALAM PEMASARAN SOSIAL DAN KOMUNIKASI PERUBAHAN PERILAKU (Suatu Pendekatan Studi Literature Review)

Authors

  • Irla Yulia

DOI:

https://doi.org/10.32832/hearty.v6i2.1276

Abstract

Kemajuan teknologi yang semakin pesat dewasa ini telah menciptakan media baru dalam berkomunikasi. Hadirnya teknologi internet memudahkan seseorang untuk berkomunikasi dua arah tanpa adanya batasan ruang dan waktu. Tingginya penggunaan internet di Indonesia yang diikuti dengan tingginya penggunaan media sosial menjadi salah satu alasan mengapa pemanfaatan media sosial harus dilakukan secara optimal dalam bidang promosi kesehatan. Media sosial dapat dimanfaatkan sebagai suatu sarana pemasaran sosial sehingga komunikasi kesehatan yang tercipta di saluran tersebut pada akhirnya akan membawa perubahan perilaku pada individu atau masyarakatnya. Pemilihan media sosial yang sesuai karakteristik khalayak sasaran serta pengelolaan media sosial yang tepat tentunya akan berdampak baik terhadap perubahan perilaku khalayak sasaran.

References

Adewuyi, Emmanuel Olorunkele dan Adefemi, Kazeem. Behavior Change Communication Using Social Media : A Review dalam The International Journal of Communication and Health 2016 No. 9

Australian Institute of Health Innovation. How Social Networks are cahnging health Behaviour dalam Jurnal Faculty of Medicine and Health Science Macquarie University

Briscoe, C., & Aboud, F. Behaviour Change Communication Targeting four health Behaviours in Developing Countries: A Review of Change Techniques. Social Science & Medicine, 75(4), 612-621. doi:10.1016/j.socscimed.2012.03.016.

Cheung, C. M. K., & Lee, M. K. O. (2009). Understanding tThe Sustainability of a Virtual Community: model development and empirical test. Journal of Information Science, 35(3), 279-298. doi:10.1177/0165551508099088.

Chung, C & Austria, K. (2010). Social Media Gratification and Attitude Toward Social Media Marketing Messages : a study of effect of social media marketing message on online shopping value. Proceedings of Northeast Business and Economic Association, 581-586

Fatima, dkk. Analyzing the Impact of Social Media on Users. International Journal of Computer Science Issues Vol 12 Issues 3

Freeman, B., Potente, S., Rock, V., & McIver, J. Social Media Campaigns That Make a Difference: What Can Public Health Learn From the Corporate Sector and Other Social Change Marketers. Public Health Research & Practice, 25(2).

Grier, Sonya dan Bryant, Carol A. (2005). Social Marketing in Public Health dalam Annu. Rev Pubic Health 2005, 26: 319-339

Korda, H., & Itani, Z. (2013). Harnessing Social Media for Health Promotion and Behavior Change. Health Promotion Practice, 14(1), 15-23. doi:10.1177/1524839911405850

Laranjo, L., Arguel, A., Neves, A. L., Gallagher, A. M., Kaplan, R., Mortimer, N., & Lau, A. Y. (2015). The Influence of Social Networking Sites on Health Behavior Change: a systematic review and meta-analysis. Journal of the American Medical Informatics Association, 22(1), 243-256.

Moorhead, S. A., Hazlett, D., Harrison, L., Carroll, J., Irwin, A., & Hoving, C. (2013). A New Dimension of Health Care: Systematic Review of the Uses, Benefits, and Limitations of Social Media for Health Communication Journal of Medical Internet Research(Vol. 15).

Palen, L. (2008). Online social media in crisis events. Educause Quarterly, 3, 7678.

Parsons, Amy L. Social Media From A corporeate Perspective : A Content Analysis of Official Facebook Pages dalam Allied Academies International Conference

Thackeray, Rosemary., Neiger, Brad., Keller, Heide., (2012). Integrating Social Media and Social Marketing A Four Step Process. Health Promotion Practice March 2012 Vol. 13 No 2 165-168

Wright, D.K., & Hinson, M.D. (2009). Examining how public relations practitioners actually are using social media. Public Relations Journal, 3, 1-33

Buku :

Glanz, dkk (2008). Health Behavior dan Health Education Theory Research and Practice 4th Edition. San Fransisco. Jossey-Bass A Wiley Imprint

Notoatmodjo,Soekidjo. (2005). Promosi Kesehatan Teori dan Aplikasi. Jakarta : Rineka Cipta

Susilowati, Dwi. (2016). Promosi Kesehatan. Jakarta : PPSDM Kementrian Kesehatan RI

Internet :

Data Usia Produktif yang mendominasi internet di Indonesia : https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2018/02/23/usia-produktif-mendominasi-pengguna-internet (diakses tanggal 31 Maret 2018)

Data Media Sosial yang Paling Sering digunakan Di Indonesia : https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2018/02/01/media-sosial-apa-yang-paling-sering-digunakan-masyarakat-indonesia (diakses tanggal 11 Mei 2018)

Data segmentasi media sosial di Indonesia pada beberapa kelompok usia : https://dailysocial.id/post/peta-segmentasi-penggunaan-media-sosial-di-indonesia (diakses tanggal 11 Mei 2018)

Dykeman, D. (2008, Feb. 9). How do you define social media?” from: http://broadcasting-brain.com/2008/02/09/how-do-youdefine-social-media/ (diakses tanggal 10 Februari 2018)

Hastyadi, Yoga. (2016, Okt. 24) Data pengguna internet di Indonesia : http://tekno.kompas.com/read/2016/10/24/1

/2016.pengguna.internet.di.indonesia.capai.132.juta (diakses tanggal 5 Februari 2018)

Manchese, J. (2007, June 5). Defining social media. from: http://www.mediapost.com/publications/?fa=Articles.showArticle&art_aid= 61442 (diakses tanggal 10 Februari 2018)

Osborne-Gowey, J. (2014). What is Social Media. Fisheries, 39(2), 55-55. doi:10.1080/03632415.2014.876883. PewResearch. (2015). Social Media Usage: 2005-2015. from: https://www.academia.edu/10463086/What_is_Social_Media (diakses 13 Februari 2018)

Taylor, H. (2012). Social Media for Social Change. Using the Internet to Tackle Intolerance. Institute for Strategic Dialogue, Retrieved on18 July, 2015from:http://tsforum. event123. no/UD/rehc2013/pop. Cfm

Yudhianto.( 2017). Laporan Data Tetra Pax Index Mengenai Penggunaan Media Sosial : https://inet.detik.com/cyberlife/d-3659956/132-juta-pengguna-internet-indonesia-40-penggila-medsos (diakses tanggal 5 Februari 2018)

Downloads

Published

2018-09-01

How to Cite

Yulia, I. (2018). OPTIMALISASI PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DALAM PEMASARAN SOSIAL DAN KOMUNIKASI PERUBAHAN PERILAKU (Suatu Pendekatan Studi Literature Review). HEARTY, 6(2). https://doi.org/10.32832/hearty.v6i2.1276

Issue

Section

Artikel