FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KUNJUNGAN IBU BALITA KE POSYANDU BINA LESTARI SAAT PANDEMI COVID-19 DI DESA NEHAS LIAH BING KUTAI TIMUR

Rindha Mareta Kusumawati, Flora Lebin, Suwignyo Suwignyo, Apriyani Apriyani, Kartina Wulandari

Abstract


Data kunjungan ibu balita ke posyandu Bina Lestari pada masa pandemi covid-19 tercatat pada bulan Juni sebanyak 34 balita, Juli 40 balita, Agustus 61 balita, September 49 balita, Oktober 49 balita, November 57 balita, Desember 61 balita, dan Januari 45 balita. Data kunjungan ke posyandu Bina Lestari, Desa Nehas Liah Bing mengalami angka fluktuatif setiap tahun. Tujuan penelitian ini adalah melihat faktor yag berhubungan dengan kunjungan ibu balita ke Posyandu Bina Lestari Kutai Timur. Penelitian ini menggunakan dengan jenis penelitian kuantitatif dan pendekatan cross sectional. Sampel terdiri dari 54 responden dengan menggunakan teknik accidental sampling. Olah data menggunakan uji statistic chi-square. Hasil penelitian didapatkan ada hubungan pengetahuan ibu dengan kunjungan ibu balita ke posyandu (p value 0,007), sedangkan sikap petugas (p value 0,300) dan dukungan keluarga (p value 0,732) dinyatakan tidak berhubungan. Saran bagi puskesmas agar lebih membimbing para kader, melakukan pelatihan untuk menambah pengetahuan dan pemahaman bagi kader, bagi posyandu agar selalu mengingatkan ibu jadwal posyandu, memberikan informasi dan penyuluhan.

Keywords


Pengetahuan; Sikap Petugas; Dukungan Keluarga; Kunjungan ibu.

Full Text:

PDF

References


Juwita, Dewi Ratna. Makna Posyandu Sebagai Sarana Pembelajaran Non Formal Di Masa Pandemic Covid 19. Meretas: Jurnal Ilmu Pendidikan. 2020;7 (1) : 1-15.

Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2019. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Jakarta. 2019.

Amalia E, Syahrida S, Andriani Y. Faktor Mempengaruhi Kunjungan Ibu Membawa Balita Ke Posyandu Kelurahan Tanjung Pauh Tahun 2018. Jurnal Kesehatan PERINTIS. 2019;6(1):60–7.

Kementerian Kesehatan RI. Perkembangan COVID-19 Di Indonesia. 2020. Diakses dari https://covid19.kemkes.go.id/

Profil Dinas Kesehatan Kutai Timur. Data Persebaran COVID-19 Kabupaten Kutai Timur. 2020.