PENGARUH EDUKASI DENGAN MEDIA BUKU SAKU ELEKTRONIK TERHADAP PENGETAHUAN PENCEGAHAN PENULARAN COVID-19

May Harani Larasati, Jupriyono Jupriyono, Hartaty Sarma Sangkot, Sugianto Hadi

Abstract


Covid-19 merupakan penyakit yang menyerang sistem pernapasan dan disebabkan oleh virus SARS-Cov2. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan di TPQ Nurul Hidayah dapat diketahui bahwa siswa tidak pernah mendapatkan edukasi dan  ditemukan 72,4% siswa yang tidak menggunakan masker serta 36,5% siswa tidak mematuhi social distancing.Tindakan pencegahan penularan dengan 5M merupakan hal penting yang harus dilakukan mengingat ancaman serius yang dapat ditimbulkan. Kepatuhan terhadap tindakan pencegahan penularan dipengaruhi oleh pengetahuan, sikap, dan praktik. Pemberian edukasi diperlukan untuk meningkatkan pengetahuan tentang pencegahan penularan Covid-19 pada siswa TPQ Nurul Hidyah. Tujuan dari penelitian ini menganalis adanya pengaruh edukasi dengan buku saku elektronik terhadap pengetahuan siswa TPQ Nurul Hidayah tentang pencegahan penularan Covid-19. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan desain Quasi Eksperimental rancangan pre-test post-test control group design. Hasil Uji Wilcoxon Signed Rank Test menunjukkan terdapat pengaruh yang siginifikan (p value 0.000) penggunaan media buku saku elektronik dalam meningkatkan pengetahuan terkait pencegahan penularan Covid-19 pada siswa TPQ Nurul Hidayah. Hasil Uji Mann Whitney menunjukkan terdapat perbedaan pengaruh yang siginifikan (p value = 0.000) antara edukasi menggunakan media buku saku elektronik dengan edukasi menggunakan media leaflet. Untuk peneliti lain sebaiknya melanjutkan dengan menguji confounding variable dan menguji ulang validitas dari instrumen agar hasilnya lebih baik.


Keywords


Edukasi Pencegahan Penularan Covid-19, Buku Saku Elektronik, Pengetahuan

Full Text:

PDF

References


Artikel jurnal :

. Artayasa IN. Kebijakan Pemerintah Dalam Percepatan Penanganan Dampak Covid 19 Di Kota Denpasar. J Ilm Cakrawarti. 2020;3(2):34–9.

. World Health Organization. WHO COVID-19 global table data. 2021.

. Kompas. UPDATE Covid-19 di Jatim, DIY, Bali, NTT, NTB, Kalbar, dan Kalsel 18 Agustus 2021 [Internet]. 2021. Available from: https://regional.kompas.com/read/2021/08/18/173833778/update-covid-19-di-jatim-diy-bali-ntt-ntb-kalbar-dan-kalsel-18-agustus-2021