KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN BERDASARKAN ASPEK AKSES DAN KESETARAAN PENGGUNA LAYANAN PELAYANAN KESEHATAN PEDULI REMAJA

Fahma Fitria, Sarah Handayani, Nur Asiah

Abstract


Remaja merupakan seseorang dengan rasa ingin tahu yang sangat tinggi, sehingga sering sekali menyebabkan remaja terjerumus berbagai permasalahan kenakalan remaja. Demi menangani permasalahan tersebut, Kementerian Kesehatan menghadirkan strategi melalui program Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja (PKPR). Walaupun program PKPR sudah dijalankan, namun masih terdapat berbagai kekurangan seperti akses waktu layanan yang sulit dijangkau, lokasi Puskesmas yang kurang strategis, kurangnya informasi remaja, serta masih terdapat layanan yang tidak ramah remaja. Tujuan dari penelitian ini adalah menggambarkan akses dan kesetaraan remaja terhadap layanan PKPR di Puskesmas Kecamatan Kebon Jeruk dan Tamansari. Metode penelitian yang digunakan ialah pendekatan kualitatif deskriptif, dengan teknik purposive sampling. Pengambilan data menggunakan metode observasi dan wawancara mendalam. Hasil dari penelitian ialah masih terdapat beberapa permasalahan layanan PKPR di Puskesmas Kecamatan Kebon Jeruk dan Tamansari seperti masih ada Puskesmas yang cukup sulit dijangkau remaja, waktu layanan PKPR yang sulit dijangkau, akses informasi terkait layanan PKPR yang belum sesuai dengan kebutuhan remaja, serta layanan yang tidak ramah remaja seperti pelayanan yang kurang baik, adanya diskriminasi dan stigma yang dirasakan oleh remaja. Namun biaya yang dibutuhkan untuk mengakses layanan PKPR sangat terjangkau. Layanan PKPR yang berada di Puskesmas Kecamatan Kebon Jeruk dan Tamansari masih terdapat beberapa permasalahan, seperti waktu layanan PKPR yang sulit di akses, akses akan informasi yang belum sesuai dengan kebutuhan remaja, serta masih terdapat pelayanan kesehatan yang tidak ramah remaja.

Keywords


Akses, Kesetaraan, PKPR, Remaja

Full Text:

PDF

References


Kemenkes RI. Infodatin: Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia - Kesehatan Reproduksi Remaja. 2015. p. 15.

United Nations. Population Facts. 2015;2013–6.

Bappenas, BPS, UNFPA. Proyeksi Penduduk Indonesia Indonesia Population Projection 2010-2035. Bps. Jakarta: BPS; 2013. 24 p.