PERBANDINGAN KENAIKAN BERAT BADAN BAYI PADA MP-ASI INSTANT DAN MP-ASI RUMAHAN

Qothrunnada R., Mariyani Mariyani

Abstract


MP-ASI adalah makanan atau minuman tambahan yang mengandung gizi untuk memenuhi kebutuhan gizi bayi. Masalah gizi pada bayi dan balita sering berkaitan dengan pola konsumsinya. Makanan Pendamping Air Susu Ibu menunjukan bahwa tingkat kenaikan berat badan bayi dengan konsumsi MP ASI campuran memiliki nilai lebih tinggi dibandingkan bayi yang mengonsumsi MP ASI buatan sendiri atau MP ASI buatan pabrik. Tujuan Penelitian ini unutk mengetahui perbandingan kenaikan berat badan pada balita dengan MPASI Instan dengan MPASI Rumahan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pedekatan quasi ekperimen, dilakukan di PMB Sri W. Sejak bulan Januari sampai April 2022, dengaan sampel sebanayak 40 bayi dari 50 populasi yang ada. Sampel ditentukan dengan teknik purposive sampling dengan melibatkan kriteria tertentu. Data dikumpulkan dengan cara observasi partisicapan dan dianalisis dengan t-Tes Paired menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukan perbedaan yang signifikan antara berat badan bayi instan dengan rumahan pada usia 6 bulan dengan nilai Sig 0,013, usia 7 bulan nilai Sig.0,020, usia 8 bulan nilai Sig. 0,016, dan usian 6-8 nilai Sig. 0,009 menunjukan bahwa nilai tersebut < α. Dan dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan antara bayi MPASI instan dengan bayi MPASI rumahan pada taraf signifikansi 5%.

Keywords


Usia 6-8, MPASI, Rumahan, Instant

Full Text:

PDF

References


Al Maududi, A., Prasojo, I. B., Aji, L. P. E. W., & Katmawanti, S. (2022). Peningkatan pengetahuan dan keterampilan masyarakat tentang penerapan ASI eksklusif dan MP-ASI. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 5(2).

. Anwar, R. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Status Gizi Balita Di Desa Penggalaman Kecamatan Martapura Barat.

. Ardiansyah, S., Sari, N. W., Sulistiawati, F., Kusmana, O., Mumthi’ah Al Kautsar, A., Saputra, A. W., … Rafsanjani, T. M. (2022). Gizi dalam Kesehatan Reproduksi. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

. Arsyati, A. M., & Rahayu, Y. T. (2019). Budaya pemberian makanan pendamping ASI (MP-ASI) pada bayi usia kurang dari 6 bulan di desa Leuwibatu Rumpin. HEARTY: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 7(1).