ANALISA SPASIAL CLUSTERING ZONASI RAWAN BENCANA TANAH LONGSOR WILAYAH BOGOR SELATAN BERBASIS WEB-GIS

Authors

  • Ambi Mahdin Suwardi Universitas Ibn Khaldun

DOI:

https://doi.org/10.32832/inova-tif.v3i1.4063

Abstract

Tanah Longsor merupakan gerakan massa tanah pembentuk lereng. Penyebab dan sifat dari gerakan massa tanah atau longsor umumnya tidak bisa terlihat, karena penyebabnya tertutup oleh endapan geologi dan sistem air tanah. Wilayah Kabupaten Bogor Selatan merupakan kawasan dengan intensitas kejadian longsor yang tinggi selama lima tahun terakhir. Daerah yang di maksud adalah Kecamatan Ciawi, Kecamatan Caringin, Kecamatan Cijeruk, dan Kecamatan Cigombong. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi faktor yang berpengaruh terhadap peluang terjadinya longsor, zonasi wilayah berdasarkan tingkat kerawanan longsor, serta menganalisis hubungan antara faktor mekanika tanah dengan tingkat kerawanan. Analisis spasial dilakukan dengan sistem informasi geografis (SIG) dan menggunakan metode clustering k-means. Berdasarkan sebaran spasial, faktor curah hujan, jenis batuan, kemiringan lahan, dan penggunaan lahan merupakan faktor dominan yang dapat memicu kejadian longsor dengan peluang yang tinggi.

Author Biography

Ambi Mahdin Suwardi, Universitas Ibn Khaldun

Fakultas Teknik & Sains, Prodi Teknik Informatika

References

Depertemen Pekerjaan Umum. Pedoman penataan Ruang Kawasan Rawan.2007.

Badan Pusat Statistik (BPS).Kabupaten Bogor dalam Angka 2015, Bogor: Badan Pusat Statistik. . 2015.

Effendi, Ahmad Danil. Identifikasi Kejadian Longsor Dan Penentuan Faktor-Faktor Utama Penyebabnya Di Kecamatan Babakan Madang Kabupaten Bogor. Skripsi. Fakultas Kehutanan IPB. 2008.

Firman Nur Arif. "Analisis Kerawanan Tanah Longsor Untuk Menentukan Upaya Mitigasi Bencanan Di Kecamatan Kemiri Kabupaten Purworejo”.

Novia Destriani, Adjie Pamungkas, Identifikasi Daerah Kawasan Rentan Tanah Longsor dalam KSN Gunung Merapi di Kabupaten Sleman.

Winda Diah Puspasari longsor yang ada. Penelitian ini menggunakan

metode A'WOT untuk pengendalian pemanfaatan ruang.

Anissa Rezainy, Pemanfaatan Digital Elevation Model (DEM) dan Citra ALOS AVNIR-2 untuk permodelan Longsor (Studi Kasus DAS Ciliwung Hulu).

Ratu Vivi Silviani, "Analisis Bahaya dan Risiko Longsor di DAS Ciliwung Hulu dan Keterkaitannya dengan Penelitian Ruang.

Fheny fauzi Lestari, "Penerapan Sistem Geografis dalam Pemetaan Daerah Rawan Longsor di Kabupaten Bogor.

Warnia Nengsih, "CLUSTERING K- MEANS ANALYSIS (Studi Kasus : Koleksi Perpustakaan.2016.

Asrul Sani, "Penerapan Metode K- Means Clustering Pada Perusahaan.

Chang, Kang-Tsung, Introduction To Geographic Information Systems, McGraw-Hill International Edition, New York. 2008,

Prahasta, Edi, Konsep-Konsep Dasar Sistem Infromasi Geografis, CV

Informatika, Bandung.2010

Budiyanto, "Sistem Informasi Geografis Menggunakan ARC VIEW GIS Yogyakarta.2002.

Basofi, Arif, Arna Fariza, Mario Hardiansyah, Oktria Puspita Ayu, "Web Gis untuk Informasi Pelayanan Umum di Kota Surabaya”, Proceeding Of the 9th Industrial Electronics Seminar, Surabaya.2007.

Hardiyatmo,Hary Christady. Tanah Longsor & Erosi Kejadian dan Penangganan. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.2012.

Djarot Sadharto Widyatmoko dan Sudibyakto. Analisis Risiko Tanah Longsor Desa Tieng Kecamatan Kejajar Kabupaten Wonosobo. 2012.

Yuniarto, Analisis Kerawanan Tanah Longsor di kabupaten bogor.2011.

Subham. Identifikasi dan faktor-faktor utama penyebab tanah longsor di Kabupaten Garut, Jawa Barat. Institute Pertanian Bogor. 2006.

Lutfi Ali Muharom. Rancang Bangun Data Warehouse dan R Studio Serta Pemanfaatanya dalam Peramalan Pola Konsumsi Masyarakat di Kabupaten Jember.2009.

R. S. Pressman, Software Engineering: A Practitioner's Approach, New York: McGraw-Hill Book Company, 2001.

I. Akil, "Rekayasa Perangkat Lunak Dengan Model Unified Process Studi Kasus: Sistem Informasi Journal," Jurnal Pilar Nusa Mandiri, vol. XII, no. 1, 2016.

Mohammad Subekti, Lukman, Donny Indrawan, Ganesh Putra. Perancangan Case Tools Untuk diagram Use Case, Activity, dan Class untuk permodelan UML berbasis web menggunakan html5 dan php.2013.

Izmy Alwiah Musdar, Azhari SN, Metode RCE-Kmeans untuk Clustering Data.2015.

Wardani Anindya Khrisna. Implementasi Algoritma K-Means Untuk Pengelompokan Penyakit Pasien Pada Puskesmas Kajen Pekalongan," Universitas Diponogoro, Vols. 14, N0 1, 2016.

Fauziah Nur, M. Zarlis, Benny Benyamin Nasution. Penerapan Algoritma K-Means Pada Siswa Baru Sekolah Menengah Kejuruan Untuk Clustering Jurusan.2011

Downloads

Published

2020-06-08

How to Cite

Suwardi, A. M. (2020). ANALISA SPASIAL CLUSTERING ZONASI RAWAN BENCANA TANAH LONGSOR WILAYAH BOGOR SELATAN BERBASIS WEB-GIS. Jurnal Inovatif : Inovasi Teknologi Informasi Dan Informatika, 3(1), 61–66. https://doi.org/10.32832/inova-tif.v3i1.4063

Issue

Section

Artikel