Perbandingan Aplikasi Data Storage Pydio 8.0 dengan Open Media Vault (OMV) Studi Kasus Fakultas Teknik

Authors

  • Dani Darmawan Universitas Ibn Khaldun
  • Ade Hendri Hendrawan Universitas Ibn Khaldun
  • Ritzkal Ritzkal Universitas Ibn Khaldun

DOI:

https://doi.org/10.32832/inova-tif.v3i2.4125

Abstract

Teknologi informasi berkembang demikian pesat baik dari sisi perangkat keras ( kecepatan processor, memory, kapasitas media penyimpanan ) maupun dari sisi perangkat lunak jaringan internet atau aplikasi. Salah satu yang paling signifikan di dalam perkembangan teknologi adalah masalah data dan bagaimana proses mengamankan data melalui proses penyimpanan yang baik dan aman dari segala hal. Istilah penyimpanan dalam bahasa inggris dikenal dengan nama Data Storage yang merupakan gudang data untuk pengelolaan data mulai dari pengumpulan, pengolahan, penyimpanan hingga penemuan kembali data baru yang memberikan dukungan dalam pengambilan keputusan. Untuk menunjang hal tersebut perlunya diterapkan suatu media penyimpanan atau data storage yang baik dan aman. Ada banyak jenis media penyimpanan yang dapat digunakan dalam menunjang hal tersebut dua diantaranya adalah Pydio 8.0 dan Open Media Vault atau OMV. Untuk menerapkan kedua media penyimpanan tersebut perlu dilakukan analisis perbandingan untuk mencapai satu media penyimpanan yang lebih baik dan aman. Analisis tersebut meliputi beberapa tahapan penelitian mulai dari identifikasi kebutuhan, desain, implementasi dan pengujian. Dari beberapa tahapan tersebut telah dihasilkan beberapa hasil akhir pengujian diantaranya pengujian kecepatan transfer file dari client ke server, pengujian pemakaian CPU, pengujian pemakaian memori dan pengujian network interface. Dari hasil ini jika dilihat perbandingannya maka aplikasi pydio 8.0 memiliki nilai perbandingan yang bagus jika dibandingkan dengan aplikasi open media vault atau (OMV) dalam menunjang kebutuhan akan proses penyimpanan data yang baik dan aman.

Author Biographies

Dani Darmawan, Universitas Ibn Khaldun

Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknik

Ade Hendri Hendrawan, Universitas Ibn Khaldun

Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknik

Ritzkal Ritzkal, Universitas Ibn Khaldun

Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknik

References

Soffa, Hana, Skripsi Analisis perbandingan Kinerja FreeNAS dan Open Media Vault (OMV) Sebagai Sistem Operasi Jaringan Network Attached Storage (NAS), Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta, 2014.

Suhadi, Indra. Pembuatan Network Attached Storage Menggunakan Freenas Dan Konfigurasi Redundant Array Of Independent Disk. Universitas Gunadarma, Depok, 2017.

Tajudin Akbar, Jusak, Sutanto Teguh. Analisis Perbandingan Kinerja Freenas Dan Nas4free Sebagai Sistem Operasi Jaringan Network Attached Storage (Nas) Pada Local Area Network (Lan). STMIK Stikon Surabaya, 2014.

Kurnia Fajar, Supriyono Heru. Implementasi Sistem Penyimpanan Terpusat Menggunakan Pydio 8.0

Community pada Universitas Islam Batik Surakarta. Universitas Muhamadiyah Surakarta. 2018.

https://www.openmediavault.org (diakses pada tanggal 20 Januari 2019 pukul 15.35).

https://pydio.com/ (diakses pada tanggal 20 Januari 2019 pukul 16.00)

Ritzkal R, Goeritno A, Hendrawan AHH. 2016. Implementasi ISO/IEC 27001:2013 Untuk Sistem Manajemen Keamanan Informasi (SMKI) Pada Fakultas Teknik Uika-Bogor. Seminar Nasional Sains dan Teknologi 2016.

Ritzkal, Moh Subchan, (2017), "Pengukuran Kualitas Perangkat Lunak Sistem Manajemen Pelaporan Kegiatan Berbasis Web Peringatan Berbasis Email",Prosiding Seminar Nasional Teknoka ke -2 UHAMKA, Jakarta.

Downloads

Published

2020-12-01

How to Cite

Darmawan, D., Hendrawan, A. H., & Ritzkal, R. (2020). Perbandingan Aplikasi Data Storage Pydio 8.0 dengan Open Media Vault (OMV) Studi Kasus Fakultas Teknik. Jurnal Inovatif : Inovasi Teknologi Informasi Dan Informatika, 3(2), 93–102. https://doi.org/10.32832/inova-tif.v3i2.4125

Issue

Section

Artikel