RANCANG BANGUN SISTEM REKOMENDASI PEMILIHAN WEDDING ORGANIZER MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING

Authors

  • Yolanda Agusti Astri Universitas Ibn Khaldun
  • Novita Br.Ginting Universitas Ibn Khaldun
  • Dewi Primasari Universitas Ibn Khaldun

DOI:

https://doi.org/10.32832/inova-tif.v3i2.4128

Abstract

Pernikahan merupakan suatu acara sakral yang diselenggarakan dengan persiapan yang sangat matang. Demi memaksimalkan waktu dan biaya, beberapa calon pengantin menggunakan jasa sebuah Wedding Organizer. Wedding Organizer merupakan suatu jasa yang memberikan pelayanan khusus secara pribadi yang bertujuan untuk membantu calon pengantin dan keluarga calon pengantin dari mulai perencanaan sampai tahap pelaksanaan. Untuk membantu calon pengantin melakukan pemilihan Wedding Organizer diperlukan perhitungan khusus untuk masing-masing alternatif dengan kriteria yang dimiliki. Maka dari itu diperlukan sistem rekomendasi yang dapat memberikan solusi pemilihan wedding organizer dengan metode perhitungan Simple Additive Weighting (SAW). Konsep dasar metode Simple Additive Weighting (SAW) adalah mencari penjumlahan terbobot dari rating kinerja pada setiap alternatif pada semua atribut Metode pengembangan sistem yang digunakan penenilitian ini adalah Waterfall, dimana terdapat beberapa proses yang berjalan secara berurutan yaitu Analysis, Design, Code, dan  Test. Hasil penelitian ini adalah sebuah sistem rekomendasi pemilihan Wedding Organizer menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW) dengan perancangan sistem menggunakn model UML yang menghasilkan Use Case Diagram, Activity Diagram, Sequence Diagram, Class Diagram, Deployment Diagram, Design Database, dan Design Interface.

Author Biographies

Yolanda Agusti Astri, Universitas Ibn Khaldun

Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknik

Novita Br.Ginting, Universitas Ibn Khaldun

Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknik

Dewi Primasari, Universitas Ibn Khaldun

Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknik

References

S,Kusumadewi,S.Hartati, A.Harjoko dan R.Wardoyo., Fuzzy Multi –Attribute Decision Making (FUZZY MADM). Yogyakarta: Graha Ilmu.2006.

Darmastuti,Destriyana.Implementasi metode simple additive weighting (SAW) dalam sistem informasi lowongan kerja berbasis web untuk rekomendasi pencari kerja terbaik, jurnal ilmiah Teknik Informatika, 2013.

Pressman RS. Software Engineering : A Practitioner's Approach (edisi kelima). USA: McGraw-Hill. 2001.

Downloads

Published

2020-12-07

How to Cite

Agusti Astri, Y., Br.Ginting, N., & Primasari, D. (2020). RANCANG BANGUN SISTEM REKOMENDASI PEMILIHAN WEDDING ORGANIZER MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING. Jurnal Inovatif : Inovasi Teknologi Informasi Dan Informatika, 3(2), 121–129. https://doi.org/10.32832/inova-tif.v3i2.4128

Issue

Section

Artikel